Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Apa Saja Keinginan Pelanggan yang Harus dipenuhi?

Apa Saja Keinginan Customer yang Harus Dipenuhi ?

Customer mengharapkan pelayanan yang efektif, efisien, dan bernilai untuk uang yang mereka bayarkan. pelanggan juga mengharapkan hal-hal umum tertentu yang dapat disediakan oleh penyedia layanan. Hampir seluruh pelanggan seperti anda yang ingin dilayani selama service/pelayanan berlangsung. Nah dibawah ini adalah 7 hal yang diinginkan oleh Pelanggan.
  • Personal Recognition / Diakui Secara Personal
Customer membutuhkan perasaaan ingin dihargai. Sebagai Customer Service Profesional, hal-hal seperti mengucapkan terimakasih / ucapan ulang tahun lewat chat, mengangkat telepon dengan tepat waktu, atau menyempatkan diri mencari informasi yang dibutuhkan customer akan membuat customer merasa dihargai dan terbantu.
  • Courtesy / Kesopanan
Dasar kesopanan dimulai dari interaksi singkat yang dimulai dari “basa-basi”. Contohnya seperti  mengucapkan kata “tolong” dan “terima kasih”. Meskipun terkadang Customer tidak selalu benar, sebagai Customer Service Professional, kita harus melayaninya dengan rasa hormat.
  • Timely Service / Melayani Tepat Waktu
Tantangan sebagai Customer Service Professional adalah untuk melayani secara cepat dan efektif. Penting untuk diingat bahwa customer menghargai waktu yang mereka miliki. Bekerjalah secara cerdas untuk tetap sesuai pada jadwal  dan setidaknya jelaskan apabila terjadi keterlampatan pelayanan, dengan begitu customer akan mengerti dengan keadaan yang terjadi.
  • Profesionalism
Harapan customer, jawaban dan pelayanan yang memuaskan dan memenuhi kebutuhan customer serta rasa bangga ketika melayani menjadikan kita sebagai Customer Service Professional.
  • Enthusiam Service / Antusias
Customer dating kepada kita untuk satu tujuan, yaitu memuaskan kebutuhan diri mereka. Melayani dengan senyuman, menawarkan pelayanan tambahan, memberikan pelayanan ekstra membuat customer memiliki positive service experience.
  • Emphaty
Tugas Customer Service Professional adalah berusaha semaksimal mungkin untuk memahami kebutuhan customer dan menyajikan pelayanan yang tepat. Untuk sukses dalam pekerjaan ini, seorang Customer Service Professional harus mampu menempatkan diri pada sudut pandang customer. Strategi agar dapat berempati dengan Customer adalah Feel, felt, & found technique. Dengan begitu pelayanan akan menjadi penuh pengertian akan keadaan yang dirasakan customer.
  • Patience / Sabar
Customer tidak seharusnya berurusan dengan rasa frustasi / tekanan yang Customer Service Professional miliki. Artinya, ketika kita merasa marah dengan prosedur, peraturan, manajemen, atau bahkan customer, kita harus berusaha menutupi perasaan tersebut. Ini akan sangat sulit untuk tidak mengungkapkannya. Layani Customer secara professional dan selesaikan permasalahan secepat mungkin.