Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

customer service thought 2

Tinggal Satu Langkah Lagi...

Selamat pagi teman-teman sekalian

Pagi ini saya coba browsing internet, dan saya menemukan beberapa organisasi yang memiliki slogan melayani sepenuh hati, ketika saya membaca slogan tersebut, saya berfikir bahwa slogan tersebut adalah satu slogan yang luar biasa maknanya kenapa demikian? Karena menurut saya dengan menggunakan istilah melayani sepenuh hati berarti kita sesungguhnya telah membuka pintu gerbang untuk mendapatkan kesuksesan dalam melakukan pekerjaan kita terutama sebagai customer service profesional.

 

Pada dasarnya ketika kita mampu dan berani memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan sepenuh hati berarti dalam diri kita ada suatu keinginan luar biasa untuk mengelola diri dan kemampuan untuk mengelola orang lain terutama pelanggan kita.

Karena prinsip dasar suatu pelayanan adalah sejauh mana kita sebagai customer service profesional mampu mengelola diri kita sendiri dan mampu melakukan interaksi secara efektif dengan pelanggan kita, karena perlu untuk kita ketahui bahwa kehadiran kalian sebagai customer service profesional di depan pelanggan merupakan hasil yang dapat dirasakan langsung oleh pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan juga menjawab permasalahan yang mereka miliki. Berawal dari sinilah kita mulai berfikir bagai mana hasil akhir dari sebuah pelayanan itu dapat memberikan hasil sesuai dengan harapan pelanggan tersebut.

Memberikan pelayanan dengan sepenuh hati sesungguhnya di perlukan ketahanan diri yang kuat dari diri sendiri, karena bagaimanapun kesuksesan memberikan pelayanan sepenuh hati memberikan makna yang luar biasa yang artinya kesuksesan melayani pelanggan dimulai dari diri sendiri. Coba kita bayangkan jika seluruh anggota organisasi memberikan pelayanan dengan sepenuh hati kepada pelanggan internal dan pelanggan eksternal, hasilnya tentu luar biasa. Tinggal satu langkah lagi yang perlu untuk kita lakukan yaitu merubah slogan itu menjadi action untuk menyamakan tujuan akhir suatu organisasi dan tujuan akhir dari pelanggan yaitu membangun hubungan yg harmonis dengan pelanggan, mengenali karakter dari pelanggan itu sendiri, menangani masalah masalah yang dihadapi oleh pelanggan dan menangani keluhan pelanggan.

Salam sukses

JICSI