MULAI
19 & 20 Juni 2023 - Hotel Golden Flower Bandung
17 & 18 Juli 2023 - Hotel Ibis Kuta Bali
23 & 24 Oktober 2023 - Hotel Ibis Kuta Bali
21 & 22 November 2023 - Hotel Golden Flower Bandung
DURASI
In House Training (by request)
2 x 8 Jam
BIAYA INVESTASI
- In House : -
Ikhtisar
Bagaimana Anda membangun organisasi yang berpusat pada pelanggan? Setiap organisasi memiliki filosofi bisnis yang akan menjadi acuan para pegawainya dalam berperilaku. Ketika filosofi bisnis menempatkan pelanggan di pusat kegiatan organisasi maka hal tersebut akan disebut Organisasi yang Berfokus Pada Pelanggan (Customer Centricity Organization).
Untuk sebuah organisasi yang berkomitmen pada sentrisitas pelanggan, kepuasan pelanggan bukan hanya sekedar omong kosong yang dilakukan bisnis untuk tetap terkenal. Organisasi yang berpusat pada pelanggan akan menjaga setiap hal yang dilakukannya dan keputusan yang diambilnya untuk keperluan pelanggan.
Manajemen akan secara sadar memastikan bahwa setiap keputusan yang diterapkan dalam organisasi memprioritaskan pelanggan dan menciptakan nilai bagi pelanggan. Semangat untuk berfokus pada pelanggan terletak di dalam memastikan pengalaman terbaik yang akan didapatkan oleh pelanggan dan bertindak sebagai kekuatan yang mengarahkan setiap elemen yang ada dalam organisasi.
Bagaimana konsep customer-centricity berbeda dari customer service? Bagaimana organisasi dapat mengantisipasi kebutuhan pelanggan? Bagaimana sentrisitas pelanggan dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan keunggulan dibandingkan kompetitor lainnya? Bagaimana cara memperbaiki tanggung jawab atas pengalaman pelanggan?
Bagaimana cara untuk memperkaya budaya berfokus pada pelanggan di dalam organisasi? Berikut ini adalah beberapa tantangan tertentu yang mungkin akan menempatkan organisasi terhadap organisasi yang berfokus pada pelanggan. Dengan demikian, menjadi menarik bagi manajemen untuk mengenal dengan baik kepraktisan yang hadir bersama dengan menjadi organisasi yang berpusat pada pelanggan.
Setiap organisasi yang memberlakukan kepuasan dan pengalaman pelanggan hanya diawang-awang biasanya organisasi yang tidak bertahan lama. Memahami sentrisitas pelanggan adalah kebutuhan setiap perusahaan saat ini.
JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI) memperkenalkan Program Pelatihan Organisasi yang Berfokus Pada Pelanggan untuk memberikan materi dan informasi terkini kepada para peserta pelatihan. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih karyawan, profesional, dan pebisnis dengan wawasan terkait sentrisitas pelanggan.
Program pelatihan ini akan mengubah karyawan menjadi anggota organisasi yang aktif yang akan berjuang untuk menumbuhkan budaya layanan yang berpusat pada pelanggan. Perilaku yang dibutuhkan untuk mewujudkan organisasi yang berpusat pada pelanggan perlu diajarkan dan perlahan-lahan dimasukkan dalam perilaku karyawan. Hal ini akan memungkinkan dengan dimulainya program pelatihan ini. Program ini akan membantu peserta untuk memahami tren, taktik, dan strategi terbaru yang diperlukan untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi pelanggan.
Tujuan Pelatihan
Setelah menyelesaikan pelatihan ini, peserta akan mampu untuk :
- Menciptakan pengalaman pelanggan yang positif sepanjang perjalanan pelanggan
- Memperbaiki peran setiap karyawan dalam mengembangkan budaya customer centric
- Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi untuk pelanggan
- Merancang program yang berpusat pada pelanggan yang akan membantu memperoleh keunggulan kompetitif di pasar
- Menyelaraskan produk dan proses dengan kebutuhan pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan
- Meningkatkan retensi pelanggan melalui program customer-centric yang lebih baik dan dengan demikian memangkas biaya akuisisi pelanggan
- Memperoleh pengetahuan tentang praktek pekerjaan dan aplikasi terbaru yang digunakan dan bertujuan untuk organisasi yang berpusat pada pelanggan
Metode Pelatihan
Pelatihan ini akan disajikan dalam beberapa metode pelatihan di bawah ini :
- Presentasi
- Role play
- Diskusi Kelompok
- Kuliah & Seminar
- Penugasan
- Aktifitas
- Polling
- Survei
Manfaat Bagi Organisasi
Setelah berhasil menyelesaikan pelatihan ini, peserta yang mengikuti pelatihan ini akan memberikan keuntungan bagi organisasi dengan cara berikut:
- Menyatukan iklim kerja yang berdedikasi dan efektif untuk menghadirkan layanan pelanggan yang berfokus pada pelanggan.
- Mengembangkan keterampilan untuk mengenali kebutuhan dan ekspektasi pelanggan
- Membuat desain efektif yang relevan terhadap pengalaman pelanggan
- Menghadirkan pengalaman terbaik dengan biaya minimum
- Membangun lingkungan yang sehat di dalam organisasi yang berfokus pada persaingan bisnis
- Menciptakan perbedaan di antara perusahaan lain dengan strategi bisnis yang berfokus pada pelanggan
- Terhubung dengan pelanggan secara aktif untuk meningkatkan retensi pelanggan
- Memahami resiko yang akan timbul apabila tidak berfokus kepada pelanggan
Manfaat Bagi Individu
Setelah menyelesaikan pelatihan ini, peserta akan mampu untuk :
- Mempelajari berbagai jenis metrik dan variabel organisasi yang berfokus pada pelanggan
- Membangun kepemimpinan yang berfokus pada pelanggan diantara level management
- Memahami setiap keputusan untuk mempertimbangkan perspektif pelanggan termasuk keputusan operasional, sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan pengambilan keputusan yang dinamis
- Mengumpulkan pemahaman yang baik terhadap perjalanan pelanggan (customer journey) untuk menciptakan nilai pada berbagai titik penting yang berbeda (touchpoint)
- Belajar untuk mengantisipasi kemungkinan tersulit dalam perjalanan pelanggan (customer journey)
Siapa Target Peserta Pelatihan Ini ?
Peserta yang diharapkan hadir dalam pelatihan ini adalah :
- Marketing Manager / Kepala Bagian Marketing
- Customer Service Professionals dan Manager
- Customer relationship managers / Relationship managers
- General managers
- Sales professionals
- Start-up founders
- Entrepreneurs
“A customer is the most important visitor on our premises, he is not dependent on us. We are dependent on him. He is not an interruption in our work. He is the purpose of it. He is not an outsider in our business. He is part of it. We are not doing him a favor by serving him. He is doing us a favor by giving us an opportunity to do so.” – Mahatma Gandhi
Program Learning Journey
8 Video Pembelajaran
8 Tugas / Kegiatan
2 Studi Kasus
3 Role Play
- Keterhubungan antara customer service, experience, dan customer centricity
- Product centricity vs. customer centricity
- Menyajikan customer centricity
- Model Data Customer Centric
- Membangun Budaya Customer Centric
- Tantangan dan kesulitan yang dihadapi dalam membangun organisasi yang berfokus pada pelanggan
- Ekuitas Brand
- Customer vs. brand equity
- Menghitung ekuitas pelanggan
- Metode menghitung Customer Lifetime Value, lifespan formula, & predictive formula
- Profitabilitas pelanggan dan Customer Lifetime Value
- Membangun nilai melalui supply chain management
- CLV model: Pareto model, etc.
- Hubungan internal dan external
- Transactional approach vs. relationship approach
- Analisa profil pelanggan
- Perencanaan dan Implementasi CRM
- Menciptakan nilai ekonomi
- Menciptakan nilai superior
- Menciptakan nilai pelanggan
- Proposisi nilai pelanggan
- Problem-solving approach
- Penjualan dengan Customer-centric
- Inovasi Pelanggan
- Memanfaatkan feedback dari pelanggan untuk membuat strategi bisnis lainnya.
- Customer acquisition
- Customer loyalty
- Mengukur kepuasan pelanggan
- Product proliferation
- Customer perception analysis
- Perilaku Pelanggan
- Group customer
- Ekspektasi Pelanggan terkait Layanan
- Menemukan keberagaman dari setiap kebutuhan pelanggan