Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Data Analysis

Jadwal Training

World Economic Forum (WEF) telah merilis daftar pekerjaan yang paling dibutuhkan pada tahun 2025. Dalam daftar tersebut, disebutkan bahwa analis data (data analyst) menduduki peringkat sebagai pekerjaan yang paling dibutuhkan di masa depan.

Data analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk melakukan analisa dan riset data dengan menggunakan tools tertentu. Di dunia bisnis, data analyst berhubungan dengan berbagai jenis data yang dimiliki perusahaan dan memiliki peran penting dalam mengolah, mengambil kesimpulan hingga memvisualisasikan data untuk berbagai departemen terkait.

Seorang data analyst juga bertugas menganalisa data besar (big data) untuk mengidentifikasi tren sehingga dapat melakukan prediksi bisnis berdasar data dan mendukung manajemen mengambil strategi bisnis yang relevan.
Digitalisasi mendorong profesi data analyst menjadi sangat dibutuhkan saat ini terutama di dunia bisnis karena perilaku, selera, dan tren yang dekat dengan target pasar menjadi sangat cepat mengalami perubahan.

Meskipun profesi analis data sangat dibutuhkan, nyatanya sekolah atau perguruan tinggi khusus jurusan analisis data di Indonesia masih sangat kurang dari segi jumlah untuk memenuhi kebutuhan pasar. Jobstreet memperkirakan lebih dari 2.000 perusahaan di Indonesia masih membutuhkan posisi data analyst di perusahaannya.

 

 

  • Kemampuan untuk Mempelajari tentang pembuatan model data
  • Kemampuan untuk Mengeksplorasi, menganalisis, dan memvisualisasikan data
  • Kemampuan untuk Melakukan pemilahan data menggunakan slicer dalam beberapa tabel pivot
  • Kemampuan untuk Menghasilkan laporan agregat menggunakan teknik berbasis rumus
  • Kemampuan untuk Mengumpulkan dan mengubah data dari berbagai sumber
  • Kemampuan untuk Memahami dan menggabungkan data dalam mashup
  • Kemampuan untuk Menghasilkan agregasi data yang fleksibel menggunakan tabel pivot
  • Kemampuan untuk Memberikan contoh data secara visual menggunakan bagan pivot
  • Kemampuan untuk Mengelola margin dan rasio populer lainnya menggunakan kalkulasi pada tabel pivot
  • Kuliah
  • Seminar & Presentasi
  • Diskusi Kelompok
  • Penugasan
  • Studi Kasus & Latihan Fungsional
  • Kemampuan untuk Mengajarkan keterampilan kepada tenaga kerja untuk mengelola volume data yang besar dengan menggunakan alat terbaru
  • Kemampuan untuk Meningkatkan kemampuan tenaga kerja dengan peluang pengembangan profesional yang fleksibel dan hemat biaya
  • Kemampuan untuk Menganalisis studi kasus dalam domain dan mampu menerapkan teknik yang berhasil dalam suatu organisasi
  • Kemampuan untuk Meningkatkan pemahaman tentang prinsip dan praktik Big Data serta konteks di mana Big Data beroperasi
  • Kemampuan untuk Meningkatkan karier dengan kemajuan di bidang Big Data
  • Kemampuan untuk Mendapatkan manfaat dari pelatihan terstruktur dengan kurikulum terbaru sesuai dengan kebutuhan industri saat ini dan praktik terbaik
  • Profesional TI
  • Profesional penguji
  • Pengembang Pemrograman dan Administrator Sistem
  • Profesional Intelijen Bisnis, Pergudangan Data, dan Analisis
  • Insinyur Data
  • Analis Data & Profesional Intelijen Bisnis
  • Administrator Basis Data dan profesional DB lainnya
  • Siapa pun yang bekerja dengan Excel secara teratur
  • Individu yang ingin mempelajari eksplorasi dan analisis data
  • Siapa pun yang ingin mengejar karier di bidang analisis data atau intelijen bisnis
  • Peserta yang mencari pendekatan pelatihan yang komprehensif, menarik, dan sangat interaktif
  1. DATA ANALYSIS WITH EXCEL

  2. PIVOT TABLES

  3. USING PIVOT TABLES FOR ADVANCED CALCULATIONS

  4. AGGREGATE DATA

  5. LAB ENVIRONMENT & INSTALLATIONS

  6. QUERIES

  7. DATA FILTERS & MEASURES

  8. DATA VISUALISATIONS

  9. CASE STUDIES

Alur Pelatihan

Testimoni

DOKUMENTASI

FAQ

Have any questions?

Data Analysis adalah istilah yang diberikan untuk mengevaluasi data dan menerjemahkannya menjadi informasi. Analisis Data terdiri dari penggalian data, analisis statistik, analisis bisnis, analisis deskriptif dan prediktif, dan analisis data besar.

Data Analysis sudah memiliki legal yang sah dan di akui oleh Customer Service Experience Assosiciation Indonesia atau singkatan dari CSEAI dan ini berlaku untuk seluruh Indonesia, Kurikulumya pun di design berdasarkan kenyataan-kenyataan yang ada di lapangan.

Untuk program pelatihan Untuk program pelatihan Data Analysis itu sendiri tergantung dari permintaan client tetapi JICSI bekerjasama dengan CSEAI telah mematokkan lamanya pelatihan selama 16 jam atau idealny 2 hari (2 x 8 jam) pelatihan kaka 🙂 itu sendiri tergantung dari permintaan client tetapi JICSI bekerjasama dengan CSEAI telah mematokkan lamanya pelatihan selama 16 jam atau idealny 2 hari (2 x 8 jam) pelatihan kaka 🙂

Mimin bantu jawab ya! jadi gini kak akan ada 2 kemungkinan yaitu :

  • Bisa kita Reschedule ketika kita melakukan pelatihan yang ada berdekatan atau dekat dengan lokasi atau tempat teman-teman itu berada.
  • Bisa dibatalkan dan itu kembali lagi dari keputusan kaka lanjut atau tidaknya ya

Adapun biaya pendaftaran Data Analysis yaitu :

  1. RP. 5.000.000,00 / Peserta

Kaka bisa mendaftar melalui online atau bisa langsung menghubungi di telpon Marketing kami yang sudah disiapkan dan bisa meminta bantuan juga ke customer service kami.

Setiap berakhirnya pelatihan maka ada 2 tes yaitu tes internal sertfikasi dari JICSI dan Certified oleh CSEAI

Jadwalnya dimulai dari jam 08.00 s.d 17.00 ya kak

Pembayaran dapat dilakukan melalui Rekening Bank BCA, A.N PT. JICSI Nusantara Jaya dengan No.rek 277-8292-888 dan sertakan bukti TF nya ya kaka.

Customer service kami akan memberitahukan kaka jika lulus atau tidak ya

Kaka akan mendapat informasi dari customer service jika sudah berhasil mendaftar

Jika kaka sakit dapat menukar jadwalnya dan bisa dibicarakan lagi

Mohon kaka menghubungi kembali customer service, agar dapat perbaikan data yang salah ya.

Diakhir Pelatihan JICSI akan mengadakan ujian,  jika tidak lulus ujian 3 kali maka kami tidak bisa mengeluarkan Sertifikat seperti yang diharapkan

Kaka Bisa Mengikuti Pelatihan di Jakarta atau Lokasi kaka berada

Kaka juga boleh melihat schedule di Website Kami ya 🙂

Message From President JICSI

Sekitar 20 tahun yang lalu sebelum JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI) didirikan, saya memperkirakan bahwa peran Customer Service semakin dibutuhkan. Saya yakin betul bahwa Customer Service tidak hanya ditampilkan sebagai frontliner akan tetapi di semua lini organisasi dan akan menjadi inti dari strategi dan tujuan perusahaan. Nyatanya tahun demi tahun berlalu semakin jelas bahwa peran Customer Service dalam suatu organisasi samakin berkembang dan semakin dibutuhkan.

Jika sebelumnya organisasi pemenang dikatakan sebagai organisasi yang mampu memberikan kualitas produk yang premium dengan harga murah telah cukup menjadi senjata pamungkas suatu organisasi untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya dengan harapan meningkatkan profit atau keuntungan. Tapi tunggu dulu, sekarang jaman telah berubah. Ekspektasi pelanggan pun berubah, harga murah dan kualitas premium belum cukup di mata pelanggan.

Harapan pelanggan terhadap layanan tidak akan pernah konstan. Nah di sinilah inti dari pentingnya pelatihan-pelatihan customer service yang selalu Up-date bagi perusahaan, sehingga muncul lah konsep baru yang terkait dengan layanan seperti Customer Oriented, Journey Oriented, Customer Centric, Experience Oriented, dan Experience Centric. Akan banyak strategi-strategi baru yang berpusat pada customer.

Bagaimana dengan karir Customer service kedepannya?

Seiring dengan berkembangnya teknologi di masyarakat saat ini, maka perkembangan karir customer service juga akan lebih dinamis. Posisi puncak di organisasi akan diminati oleh para pemilik bisnis dengan latar belakang Customer Service karena mereka menyadari bahwa jantung dari suatu perusahaan adalah pelanggan itu sendiri.

Oleh karena itu JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI) telah mengantisipasi setiap pergerakan dan arah keinginan pelanggan saat ini, sehingga mempermudah bagi perusahaan untuk memetakan strategi bisnis ke depan dan mampu merebut hati pelanggan sebanyak-banyaknya melalui persiapan pelatihan yang dikemas sesuai dengan tuntutan pelanggan

Saya Rudyanto HP Manullang Ph.D selaku CEO & Founder JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI), mengajak teman-teman untuk mewujudkan pelayanan pelanggan yang terdepan, untuk menjadi perusahaan pemenang di tengah persaingan yang super ketat ini.

Salam perubahan

Rudyanto HP Manullang, Ph.D