The Call Centre Customer Care
MODUL 1 - PENDAHULUAN
Pada pendahuluan ini kita akan membahas bagaimana telpon dan internet mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pelanggan, apakah itu bagian dari produksi, Apakah itu secara hubungan positif maupun hubungan negatif, dan mengapa layanan pelanggan. Karena hubungan dengan pelanggan iutu sangat penting untuk meningkatkan kinerja perusahaan juga.
MODUL 4 - CUSTOMER INTERFACING
Terdapat lima faktor yang memengaruhi bagaimana menggunakan telepon yang dilakukan oleh call center/contact centre sehigga dapat membentuk citra yang pada publiknya, Aduan atau komplain pelanggan akan dapat di gunakan untuk menjadi peluang untuk organisasi itu sendiri, dan bagaimana contact centre menangani permasalahan yang dialami oleh pelanggan.
MODUL 2 METODE KOMUNIKASI
Pada modul ke 2 ini kita akan membahas bagaimana pentingnya suatu komunikasi dalam memberikan pelayanan pelanggan pada pelanggan, terutama call centre, atau yang dikenal sekarang ini sebagai contact centre yang selalu berorientasi pada pelanggan, terkadang terjadi dan pro kontra dalam menggunakan metode komunikasi yang berbeda dari perspektif call centre/contact centre terhadap pelanggan
MODUL 5 - MANAGEMENT ISSUE
Seberapa jauh kemampuan perusahaan dalam hal membiuna hubungan yang baik dengan pelanggan ? Bagaimana cara menangani pelanggan yang selalu mementingkan diri sendiri, dan bagaiman call centre/contact centre menangani panggilan masuk dan panggilan keluar dengan penuh kehati hatian walaupun jumlah penelepon dalam jumlah yang banyak.call centre berhati-hati pada banyaknya
MODUL 3 - In - HOUSE SYSTEM
Perusahaan atau organisasi perlu untuk mengintergrasikan saluran saluran komunikasi dengan pelanggan, dan perlu manajemen saluran komunikasi yang tepat sesuai dengan keinginan pelanggan, melalui manajemen hubungan pelanggan akan dapat di gunakan menjadi inteligen bisnis.
BAB 6 - JARGON BUSTER
Bagaimana call centre/contact centre memberikan penjelasan yang menggunakan singkatan singkat atau akronim dengan menggunakan kata kata yang sederhana dan mudah dimengerti oleh pelanggan.
MODUL 1 - PENDAHULUAN
Sebuah Revolusi Baru
Pelayanan Purna Jual (After sales service)
Tapi itu baru permulaan! Printer dan peralatan periferal tidak pernah bekerja dengan baik dengan komputer sehingga pelanggan mencari bantuan dari toko. Reaksinya adalah mengirim insinyur yang dikontrak, yang kebetulan memasang mesin pada awalnya, untuk menyelesaikannya masalah. Pelanggan harus membayar £ 20 per jam untuk mendapatkan hak istimewa!
MODUL 2 - METODE KOMUNIKASI
Sikap Kepada Pelanggan
Sikap kita terhadap pelanggan bisa menjadi salah satu iritasi atau sikap apatis ketika mereka tidak memahami sistem kita dan bagaimana kita beroperasi. Oleh karena itu, komunikasi adalah inti dari persepsi layanan pelanggan, dan cara kita berkomunikasi adalah yang terpenting. Penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dibagi menjadi tiga metode penyampaian dalam komunikasi tatap muka yang normal:
APA ITU CALL CENTRE ?
Definition : A Call centre is one-stop-shop, hopefully without queue! The call centre services many channels of commerce.
- B2B (Bisnis ke Bisnis)
- B2C (Business to Consumers
Di sini normanya adalah volume rendah aktivitas berbasis web per konsumen. Karena penelepon domestik cenderung lebih jarang menjadi pengguna layanan web Anda daripada pengguna bisnis, mereka cenderung memerlukan bantuan dari pusat panggilan Anda saat masalah muncul. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki input telepon tingkat tinggi, dengan dukungan internet yang lebih sedikit.
MEMBANDINGKAN METODE KOMUNIKASI
- Sistem suara interaktif otomatis
- Faks
- Telepon
- Kios / anjungan tunai mandiri
- Surel
- Situs web
- Surat pos)
- Tatap muka
- Sistem pesan singkat (misalnya: pesan teks melalui ponsel)
- Sudut pandang Contact Centre
- Sudut pandang pelanggan
Anda mungkin ingin menggunakan tabel sebagai daftar periksa untuk lokakarya yang difasilitasi atau evaluasi tentang cara memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.
Sudut Pandang Contact Centre
Automated Interactive Voice Systems
Keuntungan
- Harga murah
- Menghubungkan secara langsung antara pelanggan dengan departemen terkait
- Customer hanya menggunakan satu nomor telepon untuk banyak pelayanan
Kerugian
- Tidak manusiawi bagi kedua belah pihak
- Pelanggan bisa saja mengganti kebutuhannya kepada perusahaan lain karena menunggu tanpa kepastian waktu
- Memungkinkan tidak terpenuhinya keseluruhan kebutuhan pelanggan
Kiosk / Automated Teller Machines
Keuntungan
- Beroperasi 24 jam per hari
- Harga murah
Kerugian
- Teknologi dan segala praktisnya hanya memungkinkan keluhan yang terbatas, misal pembayaran pakai uang tunai saja atau pelaporan rekening
- Membiarkan orang untuk menunggu lama dan antre dengan tidak sabar
- Lebih banyak lokasi yang harus diatur
Keuntungan
- Cepat dan mudah untuk menyampaikan pesan pelanggan yang memiliki fasilitas
- Pesan yang sama dapat dikirim secara bersamaan ke banyak pelanggan
- Dapat mengirim lampiran dan hyperlink
Kerugian
- Sering kali dibuat secara sembarangan atau tampak seperti itu pelanggan (diberhentikan atau dilupakan)
- Balasan dari pelanggan dapat hilang diantara banyak pilihan email lainnya
- Pelanggan mungkin salah menafsirkan pesan
- Tidak dapat dipastikan apakah pesan dibaca oleh pelanggan.
Website
Keuntungan
- Buka 24 jam / hari
- Outlet biaya rendah untuk memberikan informasi pelanggan
- Pengunjung dapat diperlihatkan gambar browser, video, teks, dan dapat berinteraksi dengan cara yang tetap
- Perubahan dilakukan pada satu titik pusat, oleh karena itu informasi akurat untuk semua pelanggan
Kerugian
- Perlu dikembangkan lebih tinggi agar interaktif dan ramah pelanggan.
- Waktu pengunduhan dapat menghalangi pelanggan untuk tetap online
- Kecenderungan rendah peramban untuk benar-benar membeli melalui internet
- Anda tidak tahu mengapa ‘pelanggan’ mengunjungi situs
- Ini memiliki arsitektur terstruktur yang membengkokkan pelanggan ke dalam sistem, bukan sebaliknya bulat!
- Pelanggan mungkin tidak ingin memberikan rincian pribadi / rincian tagihan.
Telepon
Keuntungan
- Dialog instan dengan pelanggan untuk membangun dan menyelesaikan kebutuhan
- Anda dapat mengubah taktik selama percakapan dua arah.
- Pemahaman (milik Anda dan pelanggan) dapat segera dikonfirmasi
- Dapat menggunakan sistem antrian dan memantau panggilan Pelanggan tidak dapat melihat Anda, sehingga Anda dapat membuat citra perusahaan yang mapan dan profesional
Kerugian
- Anda dapat membuat beberapa panggilan sebelum Anda mendapatkannya berbicara dengan pelanggan
- Lebih sulit untuk mencatat poin-poin penting dari percakapan secara akurat dan lengkap
- Lebih banyak waktu mungkin diperlukan dalam memberikan konfirmasi tertulis kepada pelanggan untuk catatan mereka.
- Pelanggan enggan membeli melalui telepon tanpa bentuk interaksi lain
Face to Face (Tatap Muka)
Keuntungan
- Hubungan pribadi lebih mudah dibangun
- Jabat tangan memungkinkan kehangatan
- Apa yang Anda lihat dari pelanggan (keadaan, dll) dapat menentukan apa yang Anda tawarkan.
- Anda dapat mengubah taktik selama percakapan jika diperlukan (dua arah)
- Pemahaman (milik Anda dan pelanggan) dapat segera dikonfirmasi
Kerugian
- Butuh lebih banyak waktu untuk bertemu pelanggan dan bisa jadi mahal, terutama jika Anda sedang bepergian
- Efek klakson / halo dapat mengambil alih, yaitu: Anda mungkin langsung tidak menyukai pelanggan yang mengganggu layanan
- Pelanggan yang datang kepada Anda perlu disambut dan dibuat nyaman
- Pelanggan membuat penilaian terhadap lingkungan fisik, yang dapat menghalangi mereka melakukan bisnis dengan Anda
Sudut Pandang Customer
Automated Interactive Voice Systems
Keuntungan
- Sangat mudah dalam menemukan sebuah telepon
Kerugian
- Antrian telepon tidak pernah terlihat pas dengan pilihan yang tersedia
- Membosankan dan membuat frustasi apabila harus menunggu terlalu lama
- terlihat seperti tida adanya keberlanjutan yang terjadi kontak telepon yang berbeda
Kiosk / Automated Teller Machines
Keuntungan
- Relatof mudah digunakan
- Mungkin menemukan satudiantra alasan jarak yang sauk akal
Kerugian
- Mungkin saja lupa kode pin atau kehilangan kartu
- Melakukan antrian saat musim dingin (tertentu)
- Harus adanya perjalanan menuju ke tempatnya
- antrian transaksi yang terbatas
Keuntungan
- Cepat dan mudah, komunikasi yang instan
- Ekspektasi Pelanggan meningkat akan harapan yang ia butuhkan
Kerugian
- Bisa saja tidak menerima akses 24 jam
- Eksperkasi pelanggan rendah karena bisa saja email tidak terbalas ataupu tidak dibaca
Website
Keuntungan
- Biaya murah untuk akses pada perusahaan dan informasi produk
- Memungkinkan adanya pengunjungan beberapa situs dalam waktu singkat
Kerugian
- Mungkin antar pelanggan menafsirkan rambu/logo berbeda yang ditampilkan dalam website
- Pelanggan tidak paham mengapa informasi yang mereka inginkan tidak ditampilkan atau bagaimana cara menggunakannya
- Pelanggan khawatir dengan keamanan akun kartu kredit yang ia masukkan dalam website
- Pelanggan menghabiskan banyak waktu untuk mengisi formulir tanpa tahu apakah masalahnya diselesaikan atau tidak
Telepon
Keuntungan
- Memungkinkan adanya tindakan yang disepakati setelah diskusi interaktif tentang kebutuhan pelanggan
- Mampu mengakses departemen atau orang yang berbeda melalui satu panggilan atau nomor
- Jika gratis artinya tidak ada biaya yang dikeluarkan
Kerugian
- Tidak dapat melihat produk, bentuk, atau perusahaan dan hanya kata-kata dan nada
- Frustasi dan kemarahan dapat muncul dari menjadi hilang dalam sistem selama waktu transfer dari call centre ke departemen lain.
Face to Face (Tatap Muka)
Keuntungan
- Lebih mudah dalam membangun hubungan dan jaminan
- Mampu melihat perusahaan beroperasi, produk, dan professional
Kerugian
- Adanya biaya yang dikeluarkan, baik biaya perjalanan ataupun waktu
- Harus membuat perjanjian terlebih dahulu dengan perwakilan perusahaan yang akan berkunjung.
MODUL 3 - IN-HOUSE SYSTEM
METODE INTEGRASI
Ada keuntungan atau kerugian yang melekat pada setiap media yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Hal yang sama dapat dikatakan untuk cara metode digabungkan.
Kebanyakan pelanggan ingin memilih yang mana metode (atau saluran) komunikasi cocok untuk mereka, memvariasikannya sesuka hati selama proses penjualan. Oleh karena itu, organisasi perlu mengintegrasikan saluran. Misalnya, pelanggan dapat memesan melalui internet tetapi melakukan perubahan pada pesanan mereka melalui telepon untuk memastikan konfirmasi segera. Oleh karena itu, pusat panggilan harus dapat mengakses transaksi awal dalam beberapa detik setelah menerima panggilan telepon.
Semua saluran, kemudian, harus konsisten dan mutakhir dalam hal waktu pengiriman.
SALURAN TERINTEGRASI
Call centre harus dapat mengakses transaksi asli dalam beberapa detik terakhir
Oleh karena itu, semua saluran harus: ACCRUE
Accrue, sebagaimana didefinisikan dalam kamus bahasa Inggris, meningkat dengan pertumbuhan atau penambahan, dengan penambahan bunga secara berkala. Karena itu, saluran harus:
Accessible – Dapat diakses oleh siapapun
Consistent – Tidak ada distorsi informasi diantara masing-masing call centre
Cost-effective – paling murah yang dapat dijangkau oleh pelanggan dan juga organisasi
Real time – kekinian dan dapat menginformasikan setiap saat
U-centred – berfokus pada pelanggan
Equally valid – baik email, surat, ataupun media komunikasi lainnya valid untuk memberikan informasi maupun menerima informasi dari pelanggan
Customer Relationship Management (CRM)
CRM adalah pengembangan logis dari ERP (Enterprise Resource Planning). ERP adalah realisasi integrasi proses bisnis dan informasi sehingga perusahaan dapat beroperasi sebagai satu unit, bukan sebagai departemen terpisah dengan sistem dan database terpisah. Konsistensi dan berbagi informasi menjadi tatanan hari ini
CRM mengambil langkah lebih jauh dengan menawarkan akses ke informasi pelanggan ke semua bagian bisnis yang diperlukan. Tidak ada lagi catatan berbeda yang disimpan di departemen yang berbeda: tergantung pada tingkat otoritas dan kerahasiaan, catatan tersebut dapat dibagikan.
Layanan pelanggan sekarang dapat ditingkatkan dengan bantuan struktur informasi manajemen yang dirancang dengan baik. CRM bukanlah perangkat lunak sendiri, tetapi kombinasi perangkat lunak yang berinteraksi dengan pendekatan praktik terbaik. CRM adalah filosofi dan alat manajemen, yang dirancang untuk menargetkan dan memenangkan lebih banyak bisnis dari pelanggan dengan lebih hemat biaya.
EFFECTIVE (CRM)
Agar berfungsi secara tepat, CRM membutuhkan call centre yang efektif yang terintegrasi dengan teknologi, seperti one stop shop.
Teknologi terintegrasi sangat penting di mana beberapa produk berbeda tersedia. Virgin menggunakan satu situs web terintegrasi untuk menawarkan berbagai layanan (mobil, layanan keuangan, perjalanan, buku, energi, ponsel, musik, dan anggur). Tetapi masing-masing adalah bisnis yang berbeda dengan pusat panggilan yang berbeda, memungkinkan staf untuk tetap menjadi ahli untuk saluran layanan tersebut. Pelanggan mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia – satu nomor kontak yang memungkinkan mereka dialihkan ke bidang spesialisasi yang diperlukan.
EFFECTIVE CRM
Layanan pelanggan adalah tentang membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan, mungkin secara selektif karena mungkin ada pelanggan tertentu dengan siapa Anda tidak ingin membangun hubungan Namun, CRM sering didorong oleh vendor CRM sebagai manajemen kampanye (jika mereka menjual sistem kampanye ) atau data warehousing (d mereka menjual produk data warehouse) atau … dan seterusnya. Jadi waspadalah. Dan jangan lupa, Anda harus mengintegrasikan CRM baru Anda ke dalam sistem yang ada.
Survey pada British Telcom pada November tahun 2000 oleh seorang praktisi menunjukkan bahwa CRM meningkatkan :
Kepuasan pelanggan
74 %
Jumlah pelanggan
43%
Customer Retention (pelanggan yang membeli lagi)
68 %
Kepuasan pekerja
43%
Keuntungan dalam bersaing
61 %
Keuntungan pelangan
42 %
Manjemen pengetahuan
55 %
Sistem CRM yang baik memungkinkan Anda untuk memprediksi churn (pelanggan meninggalkan Anda) sebelum itu terjadi dengan mengidentifikasi perubahan dalam perilaku pelanggan (pengurangan pengeluaran). Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil tindakan pencegahan untuk menghidupkan kembali bisnis pelanggan dengan meningkatkan layanan yang Anda berikan. Namun, perlu juga dicatat bahwa pengurangan tidak buruk dalam semua kasus (misalnya: dengan pelanggan yang tidak menguntungkan).
KNOWLEDGE MANAGEMENT
Daftar informasi umum yang Anda minta dari pelanggan. Bandingkan dengan apa yang Anda rasa berguna untuk mengetahui tentang mereka, dan Anda akan segera mengidentifikasi apakah Anda memiliki kekurangan dalam manajemen pengetahuan Anda.
Sebagai petunjuk, detail yang lebih umum ditanyakan kepada pelanggan tercantum di bawah ini. Mereka mungkin AS a Ped melalui percakapan santai atau dari kuesioner, mungkin melalui telepon atau internet, dengan kolom opsional atau wajib.
- Nama
- Tanggal Lahir (DoB) – misalnya : untuk mengirim kartu ucapan
- Alamat dan kode pos
- Alamat email
- Nomor telepon
- Pekerjaan
- Hobi atau minat
- Indikator pendapatan
- Ukuran keluarga
- Kegiatan sosial
Juga, tanyakan pada diri Anda bagaimana Anda dapat menggunakan informasi yang Anda peroleh. Misalnya, Anda mungkin ingin mengirim ucapan selamat ulang tahun (mengetahui DoB mereka) atau mempersonalisasi acara perhotelan (mengetahui hobi atau minat mereka).
MEMBANGUN DATABASE PELANGGAN
Bangun database yang berisi profil berharga dari setiap pelanggan Anda – dan menggunakan itu. Database semacam itu dapat memberi organisasi pengetahuan pelanggan dengan satu sentuhan tombol. Bertahun-tahun kontak langsung dengan pelanggan bahkan untuk satu staf penjualan untuk memperoleh pengetahuan tersebut. Dan saat itu staf sales pergi maka pengetahuan tersebut pun pergi.
Seberapa sering Anda memperbarui atau menguatkan pengetahuan di database pelanggan Anda?
Agar database menjadi efektif, semua staf harus memiliki disiplin untuk memperbaruinya setelah setiap kunjungan pelanggan (interaksi).
Inti dari CRM adalah penggunaan pengetahuan tentang pelanggan untuk menyelaraskan diri Anda dengan mereka atau menyelaraskan mereka dengan Anda! ‘Pengetahuan adalah Kekuatan’, kata pepatah.
Pengetahuan tersebut harus up-to-date dan mampu dikategorikan untuk berbagai jenis bidang. Misalnya, sebaiknya dapat mengidentifikasi semua wanita berusia antara 30 dan 45 tahun dari wilayah selatan, yang suka mengendarai mobil konvertibel keluarga dan yang memiliki kelompok pendapatan lebih dari £ 20.000 per tahun.
BUSINESS INTELLIGENT (KECERDASAN BISNIS)
Mengumpulkan data tidak dengan sendirinya membawanya ke alam kesadaran. Oleh karena itu, ia tidak dapat dianggap sebagai pengetahuan
Banyak orang dan organisasi memperoleh pengetahuan setiap hari tetapi tampaknya tidak membagikannya dengan orang yang tepat dan menerapkannya. Jika ya, bisnis secara keseluruhan akan lebih cerdas.
BAGAIMANA KECERDASAN BISNIS BERKEMBANG
Hal berikut mencerminkan evolusi kecerdasan bisnis:
- Pertama, organisasi memperoleh data tentang pelanggannya.
- Jika digunakan dengan benar, data tersebut akan memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi perbedaan di dalamnya basis pelanggan (misalnya, pria vs wanita dan mereka yang memiliki rekening bank dan mereka yang tidak). Ini adalah informasi
- Identifikasi dengan benar, informasi tersebut digunakan untuk menunjukkan, misalnya, lokasi pelanggan (jalan?), Kelompok sosial ekonomi dan potensi pembelian.
- Jika pengetahuan ini digunakan dalam organisasi – dan kemudian ditargetkan dengan benar – ini memberikan kecerdasan bisnis. Ini dapat didefinisikan sebagai jumlah kemungkinan yang tidak terbatas untuk menggunakan dan menghubungkan setiap bagian data untuk meningkatkan perkembangan bisnis dengan menarik dan mempertahankan pelanggan.
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI UNTUK PERSONALISASI
Beberapa pelanggan mungkin lebih suka menggunakan email, yang lain tidak mendukung web dan mungkin lebih suka telepon. Kemudian lagi, beberapa pelanggan merasa tidak nyaman menggunakan telepon dan mungkin lebih suka berbicara secara langsung. Penting untuk menetapkan metode komunikasi Anda
pelanggan lebih suka sehingga Anda dapat membangun kemampuan yang memadai di pusat panggilan (atau kontak) Anda,
Jelas akan ada implikasi biaya. Cara yang paling mahal adalah tatap muka, diikuti dengan surat, telepon dan terakhir internet. Namun, melihat bab sebelumnya tentang Metode Komunikasi akan menunjukkan bahwa biaya bukan satu-satunya pertimbangan.
CHECKLIST
Lima hal yang perlu diketahui atau diperiksa oleh departemen organisasi Anda sebelum menjalankan bisnis lebih lanjut dengan pelanggan:
- Apakah mereka pernah membeli sebelumnya?
- Jika ya, berapa (belanja, nomor, dibayar, belum dibayar)?
- Produk (jenis, jumlah) apa yang dibeli?
- Bagaimana mereka membayar?
- Apa alamat pengiriman dan nomor telepon siang hari?
Ini adalah contoh checklist. Anda mungkin ingin menyesuaikannya dengan kebutuhan khusus Anda.
PANDANGAN TUNGGAL ORGANISASI ANDA
Pelanggan menginginkan satu pandangan tentang organisasi yang mereka hadapi. Di sektor perbankan misalnya, nasabah menginginkan layanan yang sama untuk giro, pinjaman, tabungan, dll, apapun metode komunikasi yang mereka pilih. Ini berarti memiliki struktur organisasi yang mendukung metode baru (seperti e-commerce) dan saluran tradisional (yaitu telepon dan tatap muka) sama baiknya.
Pengunjung situs web Virgin, misalnya, dapat melihat berbagai produk (layanan keuangan, rekreasi, dan berbagai barang komoditas) semuanya dalam satu toko serba ada virtual. Demikian pula, amazon.com menawarkan berbagai produk (buku, video, CD, DVD, dll) di dalam perpustakaan virtualnya.
Organisasi yang mengadopsi pendekatan ini menempatkan pelanggan di pusat proses bisnis mereka. Mereka memiliki sistem yang berbicara ke setiap bagian dari database mereka. Ambil sebuah perusahaan asuransi, sebagai contoh:
- Ketika pelanggan meminta polis rumah / isi, harus mungkin untuk mengidentifikasi bahwa eis yang melekat pada properti. Dalam hal ini asuransi kendaraan juga dapat ditawarkan, sebuah rumah berukuran 2, 3 atau 4 kamar tidur harus menunjukkan anak-anak, sehingga menawarkan kesehatan dan produk jaminan asuransi mungkin menarik. Atau, rumah besar mungkin menunjukkan hal itu pelanggan bekerja dari rumah, dalam hal ini kebijakan bisnis mungkin lebih relevan. Organisasi harus memikirkan peluang cross-selling nyata seperti ini.
- Di pasar asuransi, pelanggan yang telah memberikan tanggal lahirnya akan mengharapkan informasi tersebut dibagikan ke seluruh organisasi. Oleh karena itu, seorang berusia 40 tahun dengan polis asuransi jiwa, yang menerima email tentang produk perawatan kesehatan murah untuk usia 70 tahun, mungkin akan menunda untuk membeli layanan lain dari perusahaan itu lagi. Ini juga dapat mengakibatkan polis asuransi asli dibatalkan. Pelanggan hanya melihat organisasi sebagai satu kesatuan, dan mengapa oragnisasi tidak ?!
MANAGEMEN INFORMASI (MI)
Mungkin tidak cukup jika hanya ingin mengetahui detail pribadi pelanggan dan sekitarnya. Anda memerlukan Managemen Informasi (MI) yang baik dari sistem anda, jika tidak anda dapat menawarkan promosi kepada pelanggan yang merupakan pembyar tunggakan.
Sejarah pelanggan sangat penting, karena memberikan organisasi kecerdasan untuk menerapkan produk dan layanannya dengan tepat. Data transaksi terakhir saja tidak cukup.
Sebelum memasukkan seseorang ke dalam mailshot, pertimbangkanlah apakah ia didiskualifikasi akibat alasan berikut :
- Catatan pembayaran buruk
- Peringkat kredit buruk
- Adanya perintah pengadilan terhadapnya
MODUL 4 - CUSTOMER INTERFACING
Mencegah Promiskuitas Pelanggan
Kami telah menyoroti sifat promiscuous pelanggan. Bagaimana Anda dapat mencegah pergaulan bebas? Anda harus menghasilkan loyalitas dan membuatnya mudah dan bermanfaat bagi prospek dan pelanggan untuk menghubungi Anda. Think of Promise – Queue – E.T.
JANJI
- Lebih baik di bawah janji dan di atas pencapaian, tetapi upayakan penerimaan pelanggan atas apa yang Anda janjikan
- Berikan apa yang Anda janjikan
- Tunjukkan pada pelanggan bahwa ada janji layanan pelanggan yang baik
ANTRE
- Jangan biarkan mereka menunggu di sistem.
- Tidak memiliki terlalu banyak lapisan opsi keypad: apa pun sebelum mengarahkan, kontak pribadi, itu adalah antrian!
- Capai satu dan selesai pada kontak pertama. Pastikan staf layanan pelanggan diberdayakan untuk menyelesaikan masalah.
E.T
- Ini asing bagi banyak organisasi, tetapi menelepon pelanggan di rumah (atau di mana pun titik kontak mereka). Mengapa tidak menelepon mereka dulu untuk memberi tahu mereka tentang apa sedang terjadi?
- Senang berbicara!
TELEPON IMAGES
Perlu diingat bahwa sementara kita menilai diri kita sendiri dengan niat kita, orang lain menilai perilaku kita (apa yang mereka dengar dan lihat kita lakukan!).
Lalu, teknik apa yang dapat digunakan melalui telepon untuk menciptakan suasana keramahan dan profesionalisme, sehingga niatnya cocok dengan perilaku?
Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pandangan kita tentang organisasi melalui telepon dapat dikelompokkan di bawah judul berikut:
- Kecepatan respons dan navigasi panggilan
- Bahasa
- Kontrol panggilan Suara latar belakang
- Penggunaan informasi yang efektif
Menjawab dalam tiga deringan telah menjadi standar, tetapi hanya jika Anda siap untuk menangani panggilan dengan benar pada saat itu.
Sistem navigasi panggilan adalah urutan hari ini, memungkinkan pelanggan merasa bahwa mereka setidaknya berada di toko dan mungkin telah menemukan panduan toko. Tapi, penelepon belum tahu berapa lama antriannya setelah mereka mengidentifikasi ke mana harus pergi. Tapi yang terpenting, hindari memberi tahu pelanggan, yang akhirnya mencapai akhir antrian, bahwa mereka seharusnya mengikuti rute lain dan harus mengulangi pertanyaan mereka kepada orang lain.
BAHASA
Kontribusi nyata dari bahasa adalah dalam kesopanan dan kehangatan sapaan. Penelepon awalnya ingin tahu apakah mereka memiliki departemen yang benar; nama Anda, sebagai penerima, mungkin tidak begitu penting pada saat itu. Waktu untuk memberikannya sebagai imbalan untuk mendapatkan nama pemanggil. Jadi, Bagian Penjualan, selamat pagi, ada yang bisa saya bantu? akan melanjutkan panggilan ke pertanyaan berikutnya yang mungkin Dan bolehkah saya mengetahui nama Anda?
Sekarang jabat tangan benar-benar terjadi penerima melanjutkan dengan, Nama saya Josh, Nyonya Brown. Biarkan saya melihat apakah kami memiliki itu tersedia, atau apa pun yang sesuai. Jika pelanggan tidak siap untuk mendengarkan sebuah nama, mereka tidak akan mendaftarkannya di awal. Anda, sementara itu, harus waspada terhadap pelanggan yang menyebutkan namanya. Dengarkan dan akui dengan jabat tangan.
Selain bahasa kehangatan dan kesopanan, Anda perlu menggunakan bahasa yang bermanfaat. Pelanggan akan lebih siap menerima pemindahan jika mereka diberi tahu: Kami memiliki departemen dengan staf yang memiliki pengetahuan khusus tentang masalah ini dan mereka akan dapat mengidentifikasi solusi lebih cepat untuk Anda. Apakah Anda keberatan jika saya mentransfer Anda kepada mereka?
Dengan kata lain, gunakan frasa yang berfokus pada apa yang di dalamnya bagi pelanggan daripada seberapa mudah hal itu membuat hidup Anda dan sistem menjadi lebih mudah!
Praktik terbaik selanjutnya adalah menyampaikan informasi awal yang dikumpulkan kepada orang yang menerima panggilan. Jika ini tidak praktis (biasanya karena panggilan tunggu), setidaknya minta maaf dan beri tahu pelanggan bahwa dia harus mengulangi informasi Penggunaan nama mereka secara sopan akan membantu pelanggan merasa diperlakukan sebagai individu. Tapi jangan terlalu akrab.
Hubungi kembali sampel pelanggan untuk memeriksa kepuasan. Informasi dari pelanggan adalah hadiah, jadi perlakukan mereka dengan baik.
CONTROL OF THE CALL
Pelanggan ingin yakin bahwa lawan bicara mereka tahu bagaimana menangani masalah yang dihadapi dengan baik. Pertanyaan mengambil kendali, dan penggunaannya akan terstruktur dan relevan tanamkan kepercayaan diri yang diperlukan. Tapi, itu bisa hilang dengan mudah jika pelanggan ditanya lagi untuk informasi yang sudah diberikan, mungkin dalam menanggapi pertanyaan sebelumnya. Orang-orang sering kali begitu terpaku pada menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang sudah dituliskan dan meletakkan tanggapan di bidang data yang sesuai sehingga mereka lupa untuk mendengarkan
Beri tahu pelanggan bahwa Anda beralih ke panggilan itu sendiri dan tidak hanya untuk masing-masing panggilan pertanyaan dalam isolasi.
Selain itu, jangan biarkan pelanggan tergantung di ujung baris kosong selama lebih dari dua menit tanpa mengakui bahwa Anda belum melupakan mereka. Itu akan tampak seperti keabadian bagi mereka di luar itu dan Anda cenderung kehilangan kendali – dan mungkin, panggilan – pada saat Anda kembali!
Latar Belakang adanya Kebisingan Pada telepon
STUDI KASUS
Seorang pelanggan yang menelepon sebuah perusahaan persewaan film diberitahu untuk menunggu sementara petugas pemesanan melihat apakah film yang diminta akan tersedia untuk tanggal yang ditentukan. Dia kemudian mendengar petugas itu mengisap rokok dan berkata kepada seseorang di dekatnya bahwa dia akan minum kopi. Ketika juga ditanya oleh rekannya apakah dia memiliki penumpang di telepon, petugas menjawab Dia bisa menunggu, Saya sedang istirahat! Bayangkan keterkejutannya, setelah membuat pelanggan menunggu selama empat menit, ketika dia bertanya dengan sinis apakah dia menikmati kopi dan rokoknya dengan biayanya.
Di lingkungan lain, penelepon di satu telepon mendengar petugas yang menelepon sendiri terus beritahu koleganya aku punya ‘pain-in-the-a-* Mr x di telepon. Dunia kecil! Penelepon ini mengenal Tuan x dan ingin tahu bagaimana dia sendiri disebut di belakang punggungnya! Orang-orang sangat tidak menyadari bahwa earphone dari kebanyakan ponsel modern juga memiliki mikrofon untuk meningkatkan pengambilan suara.
Ketahui ponsel Anda dan ketahui cara menghindarinya kebisingan yang tidak diinginkan.
Perhatikan juga, bahwa beberapa sistem telepon secara otomatis membatalkan fasilitas penahanan setelah 20 atau 30 detik!
Apakah kamu seperti itu???
PENGGUNAAN INFORMASI YANG EFEKTIF
Seperti disebutkan sebelumnya, pelanggan dapat menghubungi nomor yang sama pada kesempatan yang berbeda dan ditangani oleh lokasi yang sama sekali berbeda. Ini seharusnya tidak menjadi masalah jika ada informasi terkini tentang riwayat transaksi yang tersedia untuk setiap pelanggan di setiap lokasi.
Pencatatan yang akurat (dan penggunaan informasi selanjutnya dapat menghasilkan layanan pelanggan yang lebih baik.
STUDI KASUS
Seorang pelanggan yang sempat mengeluh tentang kurangnya sinyal ponselnya di luar negeri di negara-negara yang ia tentukan ingin digunakan, akhirnya mendapat supervisor dari penyedia jaringan untuk setuju untuk mengupgrade ponsel tanpa biaya tambahan dan kontrak yang ada. Supervisor telah berjanji untuk menghubungi toko telepon pelanggan untuk mengotorisasi peningkatan.
Ketika otorisasi ini gagal untuk muncul, pelanggan menelepon penyedia jaringan lagi di nomor layanan pelanggan yang sama dan menanyakan supervisor. Seorang pria yang berbeda datang dan memberi tahu pelanggan bahwa tidak ada catatan dalam sistem diskusi apa pun dengan yang diduga sebagai supervisor. Otorisasi seperti itu tidak akan pernah disetujui. Semuanya menyebut pelanggan itu pembohong!
Bahkan tidak ada catatan keluhan dan permintaan pelanggan sebelumnya untuk layanan roaming. Paling banyak yang diakui oleh pengawas jaringan organisasi bahwa panggilan sebelumnya bisa saja dialihkan ke salah satu dari sejumlah lokasi. Ketika kontrak pelanggan itu muncul untuk pembaruan, coba tebak apa yang dia lakukan ?!
PENGALAMAN YANG BURUK
Ubah pengalaman buruk menjadi pengalaman yang baik melalui layanan pelanggan yang baik. Tidak diragukan lagi, kita semua dapat mengutip contoh layanan pelanggan yang buruk dan kejadian ketika, seperti pada contoh sebelumnya, kita telah memutuskan untuk tidak menggunakan pemasok tertentu lagi.
Penelitian memberi tahu kita bahwa jika kita menerima layanan yang buruk, kita akan memberi tahu sekitar dua puluh enam orang tentang pengalaman kita dalam warna teknik yang mulia! Mereka, pada gilirannya, akan memberi tahu teman-temannya.
Kami hanya memberi tahu sekitar sembilan orang layanan baik yang telah kami terima! Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengubah pengalaman buruk pelanggan menjadi pengalaman yang baik.
AMBIL KESEMPATAN DARI KELUHAN PELANGGAN
Selalu:
- Tindak lanjuti secara tertulis (e-mail) percakapan telepon apa pun yang Anda lakukan dengan pelanggan.
- Jawab surat dengan cara yang sesuai. Apakah yang terbaik adalah membalas melalui surat, email, fax atau telepon? Pertimbangkan media mana yang benar. Jika Anda perlu menawarkan solusi quie, panggilan telepon akan berbunyi dan diterima lebih baik daripada e-m impersonal.
- Menjawab email dalam waktu 24 jam
- Terima tanggung jawab.
- Katakan maaf (ingat 4 prinsip penting, akan dibahas di bawah ini)
- Catat dan analisis keluhan untuk meningkatkan layanan.
Tapi hati-hati dengan apa yang Anda ukur:
- Kuantitas – hanyalah permainan angka.
- Kualitas – dapat dieksplorasi dengan melihat sifat, tingkat keparahan, frekuensi
- Waktu – skala waktu dan waktu yang dibutuhkan saat memperbaiki masalah.
- Biaya perbaikan – harus diukur dalam hal hilangnya kesempatan, loyalitas pelanggan jangka panjang, dan kompensasi yang dibayarkan.
4 PRINSIP PENTING
ANTISIPASI
Hati-hati jika pelanggan kecewa. Kalau tidak, mengapa pelanggan menelepon atau mengirim email keluhan kepada Anda?
MEMINTA MAAF
Ucapkan Maaf – ini adalah kata lima huruf terbaik. Jika pelanggan mengeluh, itu adalah hadiah mereka untuk Anda dan kesempatan Anda untuk membuat pelanggan menjadi pelanggan jangka panjang. Pastikan Anda mengatakannya sejak awal, mengakui bahwa Anda menyesal atas ketidaknyamanan, kecemasan, atau kesal yang ditimbulkan. Ini mengungkapkan simpati dan pengertian tanpa menerima kesalahan! Tidak ada biaya dan dapat meredakan 50% masalah.
ANALISA
Saya menyadari bahwa Anda kesal. Apa yang dapat saya lakukan untuk memperbaikinya?
JAWAB
Jangan menunggu orang tersebut menanyakan nama Anda. Berikan dengan bebas, pertama-tama saya akan menangani ini secara pribadi. Sebuah organisasi jasa keuangan yang sangat besar memiliki slogannya: Anda akan tahu nama kami di X Bankl Semua anggota organisasi didorong untuk memiliki masalah.
KATAKAN MAAF!
Masalah akan terjadi. MAAF adalah kata lima huruf yang paling sulit tetapi yang paling penting! Akui perasaan pelanggan melalui faks telepon, surat, email atau tatap muka! Pelanggan mengharapkan sebuah organisasi untuk menerima tanggung jawab dan individu, yang menerima email atau panggilan telepon atas namanya, untuk menerima kritik atau membuat permintaan maaf! Sebagai pelanggan, kami tidak peduli di mana kesalahan terletak pada organisasi. Yang kita tahu adalah itu benar!
Selalu ingat untuk di bawah janji dan pencapaian yang berlebihan.
Misalnya, jika Anda tahu bahwa Anda dapat mengatasi masalah dalam satu jam sehingga memungkinkan terjadinya kemungkinan yang tidak terduga, beri tahu pelanggan dua jam. Saat Anda menelepon atau merespons dalam satu setengah jam, pelanggan akan menganggap Anda hebat!
FOKUS UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH
Tampaknya sudah menjadi sifat manusia untuk ingin mempertahankan diri ketika diserang naluri bertahan hidup! Sayangnya, itu bukanlah cara bertahan hidup di dunia komersial. Pendekatan semacam itu berkaitan dengan fokus pada masa lalu dan mencoba merasionalisasi peristiwa dengan alasan. Masalahnya adalah bahwa itu bisa menjadi tebakan dan hanya berada di bawah label alasan. Jangan pernah membuat alasan! Mereka menunjukkan kelemahan, bukan kekuatan.
Alih-alih, fokuskan perhatian Anda pada masa depan daripada masa lalu. Masa lalu tidak dapat diubah sejauh menyangkut pelanggan itu. Melihat ke masa depan membuat Anda tetap berpikir untuk menyelesaikan masalah, itulah sebabnya pelanggan menghubungi Anda.
E-MAGES
Sebelumnya, kami mengidentifikasi bahwa 55% dari pesan mungkin diserahkan kepada imajinasi kami dalam kasus percakapan telepon. Kami melihat orang di ujung telepon, yang belum pernah kami temui. mengambil karakteristik wajah dan selera pakaian ciptaan kita sendiri!
Imajinasi kita memiliki kebebasan untuk menjelajah. Ada beberapa teknik yang kami ulas untuk memastikan bahwa kami memberikan kesan ramah dan profesional kepada pelanggan. Tetapi bagaimana kita mencapai ini melalui internet? E-mages apa yang kita buat untuk mereka? Faktor-faktor yang berkontribusi pada e-mage organisasi adalah:
- Cakupan Halaman Beranda
- Bahasa
- Kemudahan navigasi
- Kualitas dan kuantitas pengumpulan informasi
1. CAKUPAN HALAMAN BERANDA
Home Page adalah jendela toko e-commerce. Ketika kita pergi berbelanja, kita didorong untuk menjelajahi toko karena tampilan jendelanya, namanya, rujukannya atau hanya skalanya. Faktor-faktor yang sama juga cenderung menghalangi kita untuk muncul!
Apakah kita ingin situs web kita menjadi toserba tempat pelanggan bisa mendapatkan sebagian besar dari apa mereka mungkin ingin jika mereka berusaha untuk melihat-lihat? Atau apakah kami lebih suka menjadi toko spesialis di mana pelanggan dapat langsung mendatangi asisten dan menanyakan produk atau layanan tertentu? Jika, sebagai pembelanja, kita tidak tahu produk atau layanan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kita, kita mengharapkan ahli atau, setidaknya, nasihat berpengetahuan dari asisten. Arsitektur situs web harus mendukung opsi ini jika orang tidak ingin meninggalkan ‘toko’ dalam frustrasi atau kebingungan.
Kami mengatakan sebelumnya bahwa Anda harus menghindari memberi tahu pelanggan yang telah mencapai ujung antrian telepon bahwa mereka seharusnya mengikuti rute lain. Demikian pula, di internet Anda tidak boleh membuat pelanggan kesulitan mengisi formulir pesanan panjang hanya agar dia diberi tahu bahwa tanggal pengiriman yang diinginkan tidak dapat dipenuhi.
Frustrasi dan pengisian formulir yang tidak perlu dapat diatasi dengan memiliki sistem pencarian pelengkap yang beroperasi di latar belakang. Misalnya, Carpricecheck.com mengambil detail kebutuhan mobil Anda dan kemudian, di latar belakang, melakukan pemrosesan untuk menemukan harga mobil terbaik dari dealer dan perusahaan web. Ini akan mengirimi Anda email kembali beberapa menit kemudian. Pendekatan sederhana ini berarti Anda tidak terkunci di layar web selama beberapa menit, dan juga berarti Anda memiliki respons di kotak masuk yang mudah diakses di lain waktu, jika diperlukan.
2. BAHASA
Bahasa interaksi di toko adalah langsung, percakapan dan biasanya sopan, tidak bertele-tele, sombong dan penuh dengan kalimat yang rumit. Bagaimanapun, itu adalah kata yang diucapkan.
Kata dan frasa yang biasa digunakan di toko adalah:
- Apakah kamu tertarik …?
- Anda akan membayar dengan apa…?
- Ya, kami dapat memesankannya untuk Anda.
- Di mana Anda ingin mengirimkannya?
Mohon dan Terima kasih juga sering didengar.
Berbeda dengan high street, bahasa instruksional atau bahasa tumpul dari kebanyakan pro-forma internet tidak kondusif untuk mengutamakan pelanggan. Sistem ini dipandang lebih penting, namun masih menjadi media antara pembeli dan penjual. Pemilik toko virtual harus mengikuti contoh dari rekan-rekan mereka yang terkenal.
3. KEMUDAHAN NAVIGASI
Beberapa orang suka menghabiskan waktu berjam-jam di department store, berkeliaran di sekitar gang. melihat apa yang tersedia, mungkin berolahraga dan menghindari hujan. Semakin lama seseorang menghabiskan waktu di toko, tidak menghasilkan lebih banyak uang yang dibelanjakan. Pembeli mungkin tersesat dan bimbang karena pilihan yang tersedia. Hindari membuat kunjungan pembeli ke toko virtual Anda melelahkan dan membingungkan. Sediakan papan penunjuk arah yang jelas – menggunakan label yang mereka kenali – dan setelah kebutuhan ditetapkan, jangan tawarkan terlalu banyak pilihan. Kata kunci (meta tag) harus dibedakan dengan jelas agar ada mesin pencari yang digunakan dapat menemukan situs Anda dan halaman web yang sesuai. Penjual yang terlatih akan memandu kami dengan pertanyaan. Ini akan membantu untuk mengkonfirmasi kebutuhan kita dan mencocokkan produk atau layanan dengan mereka. Tanggapan singkat pelanggan untuk hanya dua atau tiga pertanyaan karenanya harus menyediakan navigasi, daripada memaksakan upaya untuk membajak melalui berbagai tingkat (lantai) dan jalan setapak.
Catatan : Pelanggan cenderung menjelajah di rumah, kemudian membeli di tempat kerja yang bandwidth-nya lebih baik. Hal ini menyebabkan banyak kunjungan oleh non-pembeli di malam hari dan banyak pembelian yang menentukan di jam kerja. Namun, hal ini dapat dipengaruhi oleh undang-undang yang mengatur penggunaan sosial email di tempat kerja.
4. KUALITAS & KUANTITAS PENGUMPULAN INFORMASI
Pelanggan berharap untuk memberikan informasi selama penjualan. Namun, mereka akan kesal karena mengeluarkan terlalu banyak upaya untuk melakukannya, terutama jika hal itu dianggap tidak relevan atau jika itu adalah informasi yang telah mereka berikan sebelumnya.
Ketika kami melihat ‘bahasa’, kami melihat dampak dari gaya bertanya dalam menghasilkan pertukaran dua arah yang sopan. Di sini, ini lebih berkaitan dengan pengisian formulir wajib sebelum sistem mengizinkan kami memproses penjualan lebih lanjut.
Seringkali pengisian formulir di internet menampar email yang akan datang, menunjukkan bahwa pemasok lebih tertarik pada siapa milis dapat dijual daripada meningkatkan layanan yang saat ini ditawarkan. Pikiran kakak mungkin juga diminta. Hasilnya adalah bahwa pelanggan mengedepankan informasi lama apa pun hanya untuk menyingkirkan formulir tersebut.Untuk mendapatkan tanggapan yang tulus atas kuesioner Anda, pastikan bahwa informasi yang Anda cari dianggap wajar oleh pelanggan.
Kami mengatakan sebelumnya bahwa Anda harus menghindari memberi tahu pelanggan yang telah mencapai ujung antrian telepon bahwa mereka seharusnya mengikuti rute lain. Demikian pula, di internet Anda tidak boleh membuat pelanggan kesulitan mengisi formulir pesanan panjang hanya agar dia diberi tahu bahwa tanggal pengiriman yang diinginkan tidak dapat dipenuhi.
Frustrasi dan pengisian formulir yang tidak perlu dapat diatasi dengan memiliki sistem pencarian pelengkap yang beroperasi di latar belakang. Misalnya, Carpricecheck.com mengambil detail kebutuhan mobil Anda dan kemudian, di latar belakang, melakukan pemrosesan untuk menemukan harga mobil terbaik dari dealer dan perusahaan web. Ini akan mengirimi Anda email kembali beberapa menit kemudian. Pendekatan sederhana ini berarti Anda tidak terkunci di layar web selama beberapa menit, dan juga berarti Anda memiliki respons di kotak masuk yang mudah diakses di lain waktu, jika diperlukan.
NETIQUETTE
E-mail sangat berguna tetapi sering disalahgunakan dan dapat melumpuhkan organisasi jika digunakan secara berlebihan. Berikut beberapa tip:
- Hindari dan lupakan. Jangan menyampaikan kepemilikan masalah dengan email. Masalahnya menjadi milik Anda sampai orang lain mengonfirmasi bahwa mereka menerimanya.
- Hanya tuliskan hal-hal di email tentang pelanggan / kolega yang akan Anda katakan wajah. secara langsung (Anda tidak pernah tahu siapa yang dapat melihat email tersebut, dan Anda dapat dituntut).
- Jangan menyalahkan email.
- Jangan berasumsi bahwa email Anda akan dibaca (atau dipahami).
- Jangan berasumsi bahwa email Anda akan langsung dibaca. Jika perlu mendesak pertimbangan, tindak lanjuti dengan panggilan telepon.
- Pertimbangkan baik-baik kepada siapa Anda menyalin email – Anda dapat mengganggu orang lain dengan mengirimkan email yang tidak perlu.
- Pertimbangkan baik-baik sebelum menyalin email ke bos penerima – ini dapat menyebabkan perang email.
Baca ulang email Anda sebelum mengirim.
Waspadalah terhadap undang-undang hak cipta dan perizinan saat membuat atau meneruskan email Anda.
Gunakan email untuk mencatat kesepakatan yang dicapai. Tetapi ingat, berbicara dengan seseorang hampir selalu lebih efektif, karena Anda memiliki komunikasi dua arah daripada satu arah.
Jangan pernah memasukkan emosi ke dalam email karena semua dokumen yang ditulis dalam bentuk apapun dapat digunakan sebagai dokumen hukum di Pengadilan! Jika Anda tidak dapat bertemu orang tersebut secara langsung hadapi, gunakan telepon untuk mencoba dan menyelesaikan masalah secara damai!
Kami lupa bahwa sekali berkomitmen untuk kertas dan dikirim, email bertahan selamanya! Perubahan yang dibuat selama proses komunikasi mungkin yang dilakukan orang lain tanpa sepengetahuan pencetusnya. Hindari melakukan ini, kecuali Anda menjelaskan bahwa Anda telah melakukan perubahan.
Jangan bernegosiasi melalui email. Itu tidak dapat dengan mudah memberikan indikasi yang akurat tentang niat dan nada, dan dapat mengobarkan situasi.
MASALAH DENGAN EMAIL
Kebanyakan dari kita adalah juru ketik yang buruk dan sering membuat kesalahan tata bahasa atau menggunakan kata-kata di luar konteks. Misalnya, frasa Ini tidak tercakup dalam perjanjian kami dengan Anda berarti, ketika disertakan dalam email, bahwa Anda menolak tanggung jawab perusahaan yang Anda wakili. Namun, melalui telepon, hal ini dapat dipandang sebagai pernyataan posisi mundur, memungkinkan pembayaran ex gratia (pembayaran tanpa mengakui kewajiban) atau layanan gratis untuk ditawarkan sebagai tanda niat baik, sehingga mengikat pelanggan kepada Anda karena pertimbangan Anda. terhadap mereka.
E-mail adalah suatu catatan yang baik tentang apa yang telah terjadi dan / atau disetujui. Bernegosiasi dengan telepon dan tindak lanjuti dengan email. Tidak ada pengakuan dengan email tetapi ada asumsi yang dibuat bahwa itu akan dibaca dan dipahami oleh penerima!
IMPLIKASI LEGAL
Saat menggunakan email atau telepon, jaga setiap komunikasi sebaik mungkin
menjadi perspektif hukum. Semua korespondensi melalui e-mail dapat ditindaklanjuti secara hukum baik itu kasual, sosial atau legal
E-mail / surat elektronik
Sangat disarankan agar semua email memiliki pelepasan tanggung jawab hukum atas semua korespondensi. Ini harus terdiri dari:
- Sifat komunikasi yang rahasia
- Batasan ketergantungan pada dokumen oleh penerima
- Cakupan nasihat yang diberikan
- Kewajiban kontrak yang dilakukan oleh organisasi
Telepon
Dengan mengikatkan organisasi Anda ke suatu tindakan dengan pelanggan atau pemasok mana pun, seorang karyawan dapat membuat kontrak yang mengikat secara lisan dan hukum.
Setiap negara memiliki badan legislatifnya sendiri dan oleh karena itu undang-undang di setiap negara akan berbeda. Namun, secara umum diterima bahwa setiap dokumen dalam bentuk catatan telepon, catatan file yang dibuat pada saat panggilan atau email, faks atau surat yang dikirim dapat digunakan sebagai bukti hubungan kontrak.
MODUL 5 - MANAGEMENT ISSUE
POST HASTE
Masalah khusus yang harus ditangani oleh manajemen adalah bahwa banyak dot.com yang buruk dalam mengembalikan email. Hal ini pada gilirannya menyebabkan pelanggan menelepon pusat panggilan, yang bagi dot.com bahkan lebih mahal daripada menjawab e-mail. Selain itu, hal itu berdampak buruk pada organisasi dan mungkin membuat pelanggan melampiaskan kemarahannya kepada penerima – sesuatu yang dibutuhkan oleh call center untuk melengkapi stafnya agar dapat menangani dengan benar. Lebih buruk lagi, ada insiden yang dilaporkan tentang staf pusat panggilan yang menjadi begitu tertekan oleh beban kerja sehingga beberapa dari mereka menangis saat menerima telepon dari pelanggan yang marah.
Penelitian Onyx menunjukkan bahwa sekitar seperempat situs web yang diinterogasi dengan proposisi bisnis gagal menanggapi permintaan internet. Seperempat lainnya membutuhkan waktu lebih dari lima hari untuk menanggapi.
TANGGA AUDIT
Gunakan skala penilaian pada dua halaman berikutnya untuk meninjau organisasi kalian sendiri terhadap yang terbaik
pendekatan praktik A1. Bagaimana kalian nanti mengukurnya? Ada kemungkinan bahwa organisasi Anda termasuk dalam lebih dari satu rentang peringkat, yang menunjukkan bahwa bagian tertentu dari keseluruhan pendekatan bergerak pada kecepatan yang berbeda. Mungkin sistem mendapatkan semua perhatian dan staf terlalu lama diabaikan, atau staf melakukan yang terbaik
proses internal menghalangi mereka untuk memberikan apa yang dibutuhkan pelanggan. Tentu saja wajar untuk berfokus secara terpisah pada aspek-aspek ini. Namun, coba pikirkan di mana kita akan berada jika kita membiarkan itu terjadi sepanjang waktu dan kita melakukan semuanya secara seri daripada secara paralel. Akan ada pesawat berteknologi tinggi di landasan, tetapi karena pelatihan pilot telah diabaikan selama pengembangan produk, tidak akan ada yang menerbangkannya. Atau tidak ada penumpang yang menggunakannya jika pemasaran diabaikan pada waktu yang tepat. Kecuali jika Anda telah melakukannya, sekaranglah kesempatan Anda untuk:
- Identifikasi seberapa baik kalian menggunakan kecerdasan bisnis
- Tentukan apakah kalian menggunakan model praktik terbaik untuk pengembangan staf kalian, dan
- Tentukan siapa yang benar-benar ada untuk membantu sistem kalian
RATING
TEMUAN
A1
- Sistem CRM telah beroperasi secara efektif minimal selama tiga tahun.
- Semua staf telah memperoleh akreditasi NVQ terhadap standar layanan pelanggan atau pusat panggilan.
- Tanggapan panggilan dan email dipantau secara teratur untuk memeriksa dan mempertahankan standar
- Sistem dan proses internal melebihi kebutuhan dan harapan pelanggan
A
- Informasi pelanggan dan rincian transaksi akurat dan terkini, dan dapat diakses oleh semua titik kontak
- Semua staf telah menjalani pelatihan layanan pelanggan untuk mencapai standar internal.
- Kebutuhan pelatihan secara teratur ditinjau untuk individu dan ditindaklanjuti tanpa penundaan yang tidak semestinya.
- Sistem dan proses internal mendukung kebutuhan dan harapan pelanggan.
B
- Informasi pelanggan dan rincian transaksi diperbarui secara berkala dan dapat diakses di format yang tersedia untuk titik kontak yang diberikan
- Staf kunci telah dilatih dalam keterampilan dan sistem telepon / tertulis yang disesuaikan dan sistem yang sesuai,
- Kebutuhan pelatihan ditinjau setiap tahun untuk peran pekerjaan dan bukan untuk individu.
- Sistem dan proses internal konsisten dan mendukung kebutuhan organisasi.
C
- Informasi pelanggan dan detail transaksi dicatat secara sembarangan, sesuai dengan kebutuhan contact point, dan tidak tersedia secara terpusat.
- Pelatihan dasar disediakan di awal atau penggunaan skrip tersedia.
- Staf diharapkan menggunakan inisiatif mereka dan melaporkan kembali kekurangan mereka sendiri.
- Sistem dan proses internal berbeda-beda dari titik kontak dan mendukung kebutuhan individu atau departemen.
D
- Hanya informasi dasar yang disimpan tentang pelanggan dan hanya transaksi spesifik yang dicatat.
- Keterampilan / pengetahuan yang diperlukan diidentifikasi tetapi tidak ada pelatihan yang diberikan.
- Berkinerja buruk diberhentikan. Sistem dan proses internal bervariasi dari hari ke hari dan hanya mendukung kebutuhan titik kontak
E
- Pelanggan diidentifikasi dengan nomor dan rincian transaksi dihancurkan secara teratur.
- Keterampilan / pengetahuan yang diperlukan bahkan belum diidentifikasi.
- Kinerja karyawan tidak dipantau.
- Sistem dan proses internal hampir tidak ada dan terutama menunjukkan bahwa uang memang ada yang masuk.
REASURANSI PELANGGAN
Banyak organisasi klik dan mortir sekarang ada. Ini adalah perusahaan yang telah berhasil mengintegrasikan keberadaan virtual online mereka dengan kehadiran fisik offline dunia nyata mereka. Mereka memiliki keuntungan karena mampu mempertahankan strategi elektronik di samping konsep cabang. Dengan demikian pelanggan dapat menelepon ke cabang atau memesan melalui situs web.
Hal ini menjadi bukti bahwa pelanggan masih suka melakukan kontak tatap muka. Mereka menginginkan kesempatan untuk melihat dan, jika perlu, mencicipi barang sebelum membeli. Kenyamanan bagi penjual mungkin tidak sesuai dengan kenyamanan pelanggan!
Pelanggan, tampaknya, merindukan alun-alun pasar di mana, di area yang ditentukan dengan jelas, ada banyak produk untuk dipilih, dengan harga terjangkau, yang semuanya dapat diperiksa sebelum membeli.
Bagaimana, kemudian, Anda akan memberikan jaminan yang mereka cari, bahkan turun untuk memberi tahu mereka kepada orang mana barang tersebut akan dikembalikan jika muncul masalah?
MENGHADAPI PELANGGAN
Sisi negatif dari belanja internet adalah sifatnya yang tidak berwajah. Terlalu mudah untuk bersembunyi di balik terminal atau telepon dan mengabaikan tangisan pelanggan untuk meminta bantuan atau meneruskannya ke agen lain yang seharusnya memberikan dukungan cadangan. (Istilah ini mungkin memang berasal dari mendapatkan pelanggan kembali, seperti itulah yang selalu dilakukan dukungan!)
Manajemen harus keluar dari layar dan membiasakan diri dengan Undang-Undang Penjualan Barang dan undang-undang terkait lainnya. Itu bisa menghadapi pelanggan atau menghadapi konsekuensinya
MENGATUR STALL ANDA
Seperti yang kita lihat di halaman sebelah, pelanggan memiliki persepsi tentang alun-alun pasar – tetapi bagaimana cara mengatur kios Anda? Seperti apa tampilan alun-alun pasar Anda?
Pada permulaan, tentukan apakah call center akan melakukan:
- Catat panggilan
- Layani semua kueri, atau
- Sediakan sesuatu di antara keduanya
Ingat, ada biaya tersembunyi dalam panggilan tindak lanjut dari pelanggan (terutama jika pelanggan yang tidak puas dapat menelepon kembali berulang kali).
KUALITAS TIDAK HANYA KUANTITAS
Waspadai biaya kecurangan.
Terkadang nomor panggilan dan tanggapan dapat ditingkatkan oleh satu anggota pusat panggilan menelepon yang lain, lalu segera menutup telepon. Ini mempercepat laju panggilan dan menunjukkan bahwa respons satu dan selesai karena itu sempurna! Jangan terlalu bergantung pada faktor kuantitatif. Yang penting kualitasnya.
JANGAN HANYA MENGANDALKAN STATISTIK
Statistik seharusnya tidak menjadi yang terpenting. Lagi pula, apa yang sebenarnya mereka katakan padamu?
Sebuah grup asuransi besar merestrukturisasi jaringan cabangnya dan menempatkan semua lini bisnis pribadinya melalui sejumlah kecil tim layanan pelanggan regional (CST). Staf dilatih ulang sehingga mereka dapat menangani asuransi rumah tangga dan motor, bukan hanya satu kelas bisnis seperti sebelumnya.
Setiap CST kemudian diberikan pelatihan keterampilan telepon untuk setiap anggota timnya. Namun, salah satu manajer CST regional merasa bahwa itu tidak perlu karena timnya sudah siap. Dia bahkan memiliki statistik untuk mendukung kasusnya, menunjukkan volume panggilan untuk setiap orang dan durasi mereka. Akhirnya dia menyetujui konsultan pelatihan eksternal yang menghabiskan pagi bersama tim, mendengarkan secara diam-diam dan merekam panggilan langsung.
Buktinya memberatkan! Pelanggan menelepon Kebohongan, kebohongan dan statistik dan menanyakan departemen Underwriting Motor (seperti referensi mereka sebelumnya) hanya untuk mendengar anggota tim berkata Kami tidak punya lagi! Bayangkan kebingungan yang terjadi, belum lagi ketakutan dan ketidakpastian, yang tertinggal di benak pelanggan. Situasi ini diperburuk oleh ketidaktahuan tim dalam menangani sistem baru dan pelanggan langsung pada saat yang sama! Tak perlu dikatakan, itu semua bisa dihindari dengan pelatihan yang benar
Statistik panggilan yang diberikan oleh manajer yang salah arah menunjukkan bahwa volume panggilan tinggi – tetapi hanya karena ada banyak pelanggan yang bingung dan khawatir menelepon kembali!
TIPS : Internal untuk konsumsi internal. Untuk pelanggan, gunakan label yang akan mereka kenali.
UKURAN KUALITAS
Statistik dengan ukuran kualitas berkaitan dengan memastikan bahwa pelanggan merasa telah didengarkan dan diperhatikan. Pendekatan kuantitatif hanya untuk memenuhi tuntutan internal dan seringkali tidak realistis.
30 panggilan per jam atau 10 email per jam. Hanya kuantitas, bukan kualitas.
Berapa banyak pelanggan tetap yang Anda miliki setiap bulan? Kualitas, bukan hanya kuantitas. Apa yang diukur akan diselesaikan.
OFFSHORING … ‘A PASSAGE TO INDIA’
(Outsourcing adalah salah satu tren terpenting yang mempengaruhi bisnis dunia saat ini. Ini memungkinkan perusahaan untuk fokus pada bisnis inti mereka, dan dapat bervariasi dari layanan suara langsung dan integrator sistem hingga implementasi pusat panggilan penuh. Pilihannya sangat banyak, dengan lebih dari 150 agen outsourcing di Inggris saja dan pasokan tenaga kerja dan teknologi yang berkembang pesat di lepas pantai.
India telah menjadi tuan rumah operasi maskapai penerbangan, perbankan, asuransi, kesehatan dan hukum untuk industri yang berbasis di Barat. Menurut sebuah studi oleh konsultan McKinsey, sekitar 20 persen dari 1000 perusahaan Fortune melakukan outsourcing ke anak benua itu. American Express, Citibank, HSBC dan Standard Chartered semuanya memiliki operasi pusat panggilan di India, dan pasar offshoring diharapkan meningkat 57% pada tahun 2006.
INDIA
Kelebihan :
- Kumpulan tenaga kerja berbiaya rendah
- Jumlah lulusan yang besar (2 juta per tahun)
- Populasi yang terampil (30% berbahasa Inggris)
- Keterampilan Bahasa Inggris yang baik
- Kuat di semua bidang offshoring
- Jarak yang sama antara zona waktu Eropa Amerika
Kekurangan :
- Aksen yang kuat di beberapa daerah membuat pengenalan suara menjadi sulit
- Gaji yang sangat kompetitif (kemungkinan akan meningkat untuk mempertahankan staf)
- Ancaman undang-undang perpajakan bar
FILIPINA
Kelebihan :
Pemerintah berfokus pada pusat layanan dalam kontak pelanggan pusat / bisnis transkripsi medis proses / keluar sumber / layanan keuangan bersama / pengembangan perangkat lunak
Baik untuk proses suara (sistem pengenalan)
Kekurangan:
- Lebih sedikit lulusan dari India Cina (sekitar 380.000 / tahun)
CHINA
Kelebihan :
- Biaya staf sangat rendah ($ 200 per bulan)
- Ideal untuk kemampuan bahasa kantor belakang
- Fokus pemerintah pemrosesan berbasis dalam waktu terbatas di bidang manufaktur dan sektor teknologi tinggi
Kekurangan:
- Kemampuan Bahasa rendah dibandingkan orang negara Asia lainnya
- Lebih sedikit lulusan dari India (kira-kira 850.000 / tahun dengan 50% bahasa Inggris berbicara)
AFRIKA SELATAN
Kelebihan :
Populasi yang terampil dengan Bahasa Inggris yang sangat baik
Budaya / praktik bisnis yang serupa dengan negara-negara Barat (misalnya: sektor jasa keuangan Anglo American
Zona waktu sama dengan Eropa
Kekurangan:
- Lulusan yang lebih rendah dari populasi
- Gaji rata-rata ($ 1500-1800 / bulan) lebih tinggi daripada di
CROSS SELLING
Penjualan silang adalah peluang untuk menawarkan kepada pelanggan Anda produk atau layanan lain dari seluruh rentang bisnis Anda, selain yang telah mereka beli. Misalnya, Direct Line mampu menjual silang bantuan pinggir jalan Bendera Hijau ke mobilnya
pelanggan asuransi. Tujuannya adalah untuk mentransfer interaksi pelanggan yang sama seperti yang dilakukannya di pusat panggilan ke telepon yang mendukung internet dan TV interaktif. Untuk mencapai hal ini, perusahaan harus dapat mengidentifikasi pelanggan bernilai tinggi – yang menguntungkan, yang sebaliknya akan pergi ke tempat lain, dan yang tertarik dengan produk baru.
TIPS
Anda perlu memutuskan apakah akan menghabiskan 20 detik atau 20 menit dengan pelanggan. Ingat prinsip Pareto (Aturan 80:20): mungkin 20% dari pelanggan Anda beli / gunakan 80% layanan atau produk Anda
HR ISSUE
Dalam call center dan lingkungan internet, kualitas hidup sangat bervariasi untuk staf Tergantung pada pasar produk, pasar tenaga kerja lokal, dan praktik SDM perusahaan. Di mana membangun hubungan pelanggan yang kuat itu penting, perlu ada komitmen yang tinggi untuk panggilan tersebut. staf pusat agar dapat mengurangi pergantian staf sehingga hubungan dapat terjaga.
Jika pemrosesan transaksi lebih penting daripada hubungan, maka pemberdayaan cenderung rendah, staf dikelola dengan ketat, dan pergantian personel mungkin lebih tinggi. Lingkungan ini seringkali berbasis komoditas, dan peran dapat diotomatiskan menggunakan sistem pengenalan suara atau situs web.
BRAAN, yang mengoperasikan pusat panggilan untuk Virgin Mobile, Sainsbury’s dan Fiat, memvariasikan praktik kepegawaiannya. Untuk interaksi transaksional jangka pendek dengan pelanggan, seperti respons terhadap kampanye iklan, ini menggunakan rekrutan baru dan staf agensi pada kontrak pendek. Sebaliknya, ini menggunakan staf permanen berpengalaman yang didedikasikan hanya untuk satu klien untuk kontrak jangka panjang, mereka yang membutuhkan pembangunan hubungan dan pemahaman nilai merek (misalnya, menjalankan layanan keuangan).
ESSENTIAL TRAINING
Rencana pengembangan dan pelatihan
Rencana perkembangan di halaman-halaman berikut dapat digunakan sebagai templat untuk mengidentifikasi keterampilan yang mungkin dibutuhkan di setiap tingkat organisasi. Pandanglah itu sebagai sebuah tangga, di mana individu itu naik, memperoleh keterampilan baru di setiap anak tangga baru dan membawa serta keterampilan yang diperolehnya di anak tangga atau anak tangga yang lebih rendah.
Untuk kenyamanan, kami telah mengelompokkan keterampilan dalam rencana kami di bawah label tradisional (lihat kolom 1). Pendekatan praktik terbaik akan menentukan standar kinerja yang diharapkan dalam setiap label atau peran pekerjaan, memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dengan mudah jika seseorang berkinerja ke tingkat yang diperlukan. Ini juga akan membantu Anda merancang solusi pelatihan yang berfokus pada hasil yang dibutuhkan.
Terlalu sering pelatihan bersifat reaktif. Jangan menahan diri dan menangis, sebaliknya persiapkan orang dan menuai!
LEVEL
Senior Management
Call Centre & Branch Manager
KEY RESPONSIBILITY
- Kebijakan dan strategi perusahaan.
- Perencanaan / Mengarahkan
ESSENTIAL SKILL
Perencanaan strategis, Analisis kompetitif, Mengidentifikasi kebutuhan perubahan
SKILLS REQUIRED
BY SOME STAFF
SUPPORT SKILL
Middle Management
Sales Force
Relationship Manager
Mencapai hasil melalui orang lain
Mengelola bisnis
Memanajemen proyek, mengelola perubahan. Penganggaran & Keuangan. Managemen Stress, Managemen manusia, keterampilan. Presentasi kepemimpinan, pemecahan masalah, mempengaruhi keterampilan, Mengelola rapat. Membangun tim.
Seleksi Wawancara
Penyuluhan
Penjualan
Laporan fungsionalitas dari sistem CRMManagemen proyek CRM
Teknikal atau Pengawasan
- Field service
- Help Desk
Bertanggung jawab atas tim atau diri sendiri
Manajemen waktu, motivasi, pembinaan, penilaian
Penulisan laporan teknis
Laporan fungsionalitas dari sistem CRM
Senior Clerical atau Administratif
- Account
- Sales Officer
Ahli dalam memproses hal-hal yang berkaitan dengan klien dan pertanyaan yang lebih kompleks
Ketegasan, penanganan keluhan pelanggan, penulisan surat yang efektif
Penggunaan managemen komunikasi dari CRM
Clerical
- Staff Call Centre
Melakukan pemrosesan dan menyelesaikan sesuatu yang tidak begitu kompleks
Teknik bertelepon, mendengarkan secara aktif, tim member yang aktif, dan praktis dalam hal perkantoran.
Kemampuan mengetik, menggunakan telpon sistem, menggunakan data CRM.
KAPASITAS CALL CENTRE
Jangan salah mengira bahwa karena Anda menawarkan layanan internet maka dapat mengurangi kapasitas call center telepon. Kecuali jika Anda yakin telah menyelesaikan:
- Desain web yang buruk Download yang lama
- Waktu respons yang buruk
- Fasilitas pencarian yang buruk
- Informasi produk terbatas
Semua orang sekarang merasa mereka harus memiliki situs web tetapi kebanyakan tidak menyesuaikannya dengan kebutuhan pelanggan atau layanannya secara memadai. Jadi, alih-alih menjadi rute alternatif, situs web memicu lebih banyak panggilan ke pusat tersebut.
KEAMANAN
Untuk melindungi informasi pelanggan dan detail kredit, organisasi harus:
- Membangun keamanan untuk mendesain (BS7799)
- Merencanakan sistemnya untuk dibanjiri
- Periksa log audit
- Gunakan firewall (penghalang elektronik antara jaringan Anda & dunia luar)
Meskipun publisitas tinggi tentang pelanggaran keamanan (misalnya: ‘bug cinta’), jumlah pelanggaran meningkat. Manajemen perlu mengidentifikasi tujuan operasi e-bisnis dan menilai risiko keamanan, sehingga dapat membangun keamanan sejak awal.
Gunakan 4 langkah untuk keamanan
- Tetapkan identitas pelanggan
- Secara hukum mengikat diri Anda, sebagai penjual, dan pelanggan pada transaksi tersebut
- Pastikan enkripsi tingkat tinggi
- Periksa apakah informasi yang dikirim identik dengan yang diterima
MASA DEPAN
Layanan pelanggan elektronik akan tetap ada. Perkembangan terkini dengan WAP (Wireless Application Protocol) akan memberikan kesempatan kepada pusat panggilan untuk menghasilkan pesan yang digerakkan oleh peristiwa secara langsung kepada pelanggan. Anda mungkin menerima pesan teks saat asuransi Anda jatuh tempo untuk pembaruan. dan dimungkinkan untuk menandatangani kontrak yang mengikat melalui pertukaran Sistem Pesan Singkat (SMS) tersebut.
Pelanggan nirkabel sekarang melebihi jumlah pelanggan kabel di pasar domestik. Diperkirakan bahwa pengguna nirkabel di seluruh dunia akan mencapai 1,5 miliar dalam beberapa tahun ke depan (Strategy Analytics) dengan 40% panggilan B2C dilakukan melalui sistem seluler (Gartner). E-commerce seluler kemungkinan besar akan menjadi m-commerce.
Kemajuan teknologi digital telah menghadirkan peluang untuk terjadinya transaksi melalui perangkat TV interaktif, yang menawarkan potensi audiens yang sangat besar. Pada akhirnya, revolusi baru ini akan memungkinkan organisasi untuk melakukan bisnis dengan pelanggan melalui saluran apa pun, kapan pun, dalam bahasa apa pun, dan dalam mata uang apa pun.Namun, kenyamanan yang lebih besar dari metode komunikasi dan aksesibilitas yang lebih luas antara penjual dan konsumen akan memberikan lebih banyak pilihan pelanggan. . Akankah pelanggan memilihmu?
MODUL 6 - JARGON BUSTER
KATA KUNCI
ARTI
B2B
- B2B (Business to Business) mencakup aktivitas komersial antara satu bisnis dan bisnis lainnya dan merupakan istilah yang sering digunakan untuk transaksi bisnis internet.
B2C
- (Business to Consumer) mencakup aktivitas komersial antara bisnis (pemasok) dan pelanggan (domestik bukan bisnis).
CRM
- Sistem CRM (Customer Relationship Management) adalah solusi perangkat lunak yang dikemas untuk fungsi-fungsi kantor depan seperti kontak pelanggan, penjualan, pemasaran, piutang, dll. Seperti yang tersirat dalam namanya, sistem ini menyertakan pelanggan dalam proses bisnis yang dikelola. Contohnya termasuk Siebel dan Clarify. Beberapa pemasok ERP kini juga memperluas aplikasi mereka untuk mencakup beberapa aspek CRM.
Click & Mortit OPrganization
- Organisasi klik dan mortir adalah perusahaan yang telah berhasil mengintegrasikan keberadaan virtual online mereka dengan kehadiran fisik offline dunia nyata mereka.
Cross Selling
- Cross-selling adalah peluang untuk menawarkan produk atau layanan lain kepada pelanggan Anda dari seluruh rentang bisnis Anda, selain yang telah mereka beli.
ERP
- Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) adalah solusi perangkat lunak yang dikemas untuk fungsi back office seperti hutang dagang, penggajian, sumber daya manusia, keuangan dan manufaktur. Mereka sering kali menyertakan pemasok dalam proses bisnis yang dikelola. Contohnya termasuk SAP, Oracle, Peoplesoft, Baan dan JD Edwards.
Firewall
- Firewall adalah penjaga gerbang (komputer) yang berada di antara internet dan jaringan pribadi Anda. Ini melindungi jaringan pribadi dengan memfilter lalu lintas ke dan dari internet, berdasarkan kebijakan yang Anda tentukan. Anda dapat menggunakan firewall untuk menentukan siapa yang dapat mengakses jaringan Anda dan kapan.
Hyperlink
- Hyperlink memungkinkan Anda untuk menautkan halaman web dan dokumen bersama-sama.
Up Selling
- Up-selling adalah ketika Anda bertujuan untuk membuat pelanggan membeli produk yang sama atau layanan (up-grade) untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik.