Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

customer service thought 3

Sebelum Berpindah ke Lain Hati

Sebelum Berpindah ke Lain Hati

Selamat pagi sahabat JICSI di manapun kalian berada.

Pagi ini saya mau berdiskusi sama teman-teman sekalian, diawali dengan beberapa pertanyaan yangg perlu untuk kita renungkan.

Menurut kalian, kenapa pelanggan kita berpindah ke kompetitor kita?

Salah satu alasan mengapa mereka pindah ke kompetitor adalah karena ketidakpuasan (semua kita paham akan hal itu) ketidakpuasan disebabkan karena sikap kita sendiri yang acuh tak acuh atau cuek pada pelanggan kita.


Sesungguhnya mereka atau pelanggan kita tidak mengatakan secara langsung kepada kita bahwa mereka tidak puas akan sikap kita yang cuek kepada mereka.

Berdasarkan penelitian mengatakan, ada beberapa alasan mengapa pelanggan kita meninggalkan kita, yaitu:
1. Kita tidak mau mendengarkan keluhan mereka
2. Kita mengabaikan pelanggan sepenuhnya
3. Kita tidak memiliki pengetahuan yang berhubungan dengan produk yangg kita miliki

Guys, memberikan pelayanan yg berkualitas tinggi secara konsisten akan menempatkan perusahaan anda pada jalur cepat menuju kesuksesan.

Seberapa baik kalian memperlakukan pelanggan kalian akan membuat suatu perbedaan yang sangat berarti dibandingkan dengan para kompetitor kalian.

Salah satu kesalahan besar lain yang sering dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan asumsi perusahaan bahwa mereka paham atas keinginan pelanggan tanpa menanyakan langsung kepada pelanggan yg bersangkutan.
Misalnya membuat prosedur dan sistem yang sesuai dengan pemahaman perusahaan itu sendiri sehingga mereka tidak menyadari prosedur dan sistem perusahaan itu telah membebani pelanggan dan pelanggan pun berpindah satu-persatu ke perusahaan lain.

Sesungguhnya untuk memahami keinginan pelanggan, ada satu hal terpenting yang kita tidak boleh lupakan adalah perusahaan hadir karena pelanggan, kita bekerja di perusahaan juga karena pelanggan, bahkan yg membayar gaji kita pun setiap bulannya karena pelanggan, oleh karena itu kalian harus dekat dengan pelanggan, terus mengikuti tren yang di inginkan pelanggan dan meletakkan diri kita di posisi pelanggan agar pelanggan kita tidak berpindah ke kompetitor.

Jadi yang terpenting bagi kita sebagai tenaga customer service profesional adalah terus berinteraksi secara efektif dengan pelanggan.

Sesungguhnya pelanggan kita akan menghadirkan wajah bisnis yang kita sedang jalankan.

Mengabaikan masalah pelanggan akan membuat pelanggan kita berpindah ke kompetitor kita.

Pekerjaan Customer Service adalah aspek terpenting dari suatu perusahaan.

Coba kalian bayangkan jika seluruh anggota organisasi melakukan fungsi customer service yang baik, tentunya hasilnya luar biasa bukan?

Salam

JICSI