Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

DATA VISUALIZATION

Jadwal Training

Ada begitu banyak data yang masuk ke departement customer service setiap harinya, jika data tersebut tidak dikelola dengan baik, maka kita akan kehilangan informasi yang terkait dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan. Salah satu cara untuk mengenali tren suatu data adalah melalui data visualisasi yang merupakan salah satu bidang ilmu yang sedang berkembang pesat saat ini. Dengan demikian, organisasi dapat membuat keputusan yang lebih baik dan juga cepat.


Adapun yang dimaksud dengan visualisasi data adalah adalah representasi grafis dari data untuk membantu pembuat keputusan memahami konteks dan signifikansi. Pada umumnya data mentah terdiri dari angka dan huruf saja. Untuk mempermudah pemahaman akan data tersebut perlu diolah terlebih dahulu. Nah, di sinilah peran dari data visualisasi. Tujuan visualisasi data sendiri yakni untuk menyampaikan informasi secara ringkas dan jelas sehingga mudah dipahami oleh pembaca.


Melalu pelatihan ini akan menjawab bagaimana Visualization data dapat dibuat baik? Bagaimana memposisikan data, menggunakan skema warna dan teknik lain untuk meningkatkan keterbacaan data? Bagaimana mencapai pembersihan data untuk visualization data yang lebih baik? Apa saja alat berbeda yang tersedia untuk Visualization data? Alat mana yang cocok untuk kumpulan data mana? Visualization data bukan hanya merencanakan bagan dan tabel tetapi membutuhkan persiapan akut sebelumnya dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan.

Pelatihan Visualization Data ditujukan untuk memenuhi tujuan berikut :

  • Meningkatkan kemampuan untuk mengaktifkan pengembangan media visual yang akan membantu analis data.
  • Meningkatkan kemampuan dan menafsirkan poin-poin penting terkait dengan data yang cepat.
  • Meningkatkan kemampuan untuk mendorong pengambilan keputusan yang lebih cepat melalui pemahaman visual yang lebih baik
  • Meningkatkan kemampuan untuk menghasilkan Data besar yang berisikan informasi yang berharga sering diabaikan.
  • Meningkatkan kemampuan untuk memilki wawasan yang ditemukan ketika data di Visualizationkan
  • Meningkatkan kemampuan untuk Mengamati korelasi data melalui representasi visual antara variabel yang berbeda
  • Meningkatkan kemampuan untuk Memungkinkan pengenalan tren dan pola data besar dengan mudah
  • Meningkatkan kemampuan untuk mengidentifikasi kesalahan dan kesalahan yang lebih cepat

Pelatihan Data Visualization terdiri dari metode pelatihan berikut :

  • Sesi interaktif dan kuliah Presentasi
  • Permainan manajemen Bermain peran/pemodelan Studi kasus
  • Diskusi kelompok
  • Sesi pemecahan masalah

Dengan berhasil menyelesaikan pelatihan Visualization Data akan menguntungkan organisasi dengan cara berikut :

 

  • Mampu untuk Meningkatkan efek pesan pada audiens data yang akan menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih cepat
  • Mampu untuk Meringkas secara visual dan memungkinkan para manajer untuk memahami sejumlah besar informasi secara sekilas, sehingga menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi
  • Mampu dalam memecahkan inefisiensi data, mengidentifikasi kesalahan dan ketidak akuratan
  • Mampu untuk membantu organisasi dengan menggali tren terbaru dengan menggunakan tools yang diperbarui
  • Mampu untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang fungsi bisnis

Dengan berkahirnya pelatihan Visualization Data akan menguntungkan seseorang dengan cara berikut:

 

  • Mampu untuk mendapatkan pengetahuan tentang berbagai alat, teknik, dan kiat yang tersedia untuk Visualization data yang efektif
  • Mampu untuk Memisualisasikan data yaitu keterampilan serbaguna yang dibutuhkan oleh hampir setiap entitas; Menjadi berpengalaman dengan alat-alat terbaru akan membantu peserta untuk tetap terdepan dalam jalur karir mereka Ini akan mendorong pengambilan keputusan yang lebih cepat karena Visualization data akan memfasilitasi penyerapan data dalam jumlah besar dengan mudah ke dalam visual penggambaran tren yang rapi
  • Mampu menjadikan Peserta akan dapat mengumpulkan wawasan bisnis yang berguna bagi organisasi
  • Mampu menjadikan Peserta akan dapat mengkomunikasikan pendapat dan pengamatan secara ringkas dan konstruktif
  • Analis Data
  • Manajer data
  • Desainer grafis
  • Manajer strategis / manajer umum / manajer departemen Analis Bisnis
  • Administrator Database
  • Guru, pendidik, mentor
  • Pemburu kepala
  • Pendiri start-up, Pengusaha

Module 1 : Why data visualization ?

Module 2 : Data Visualization Process

Module 3 : Use of Mapping

Module 4 : Use of Bar Graphs

Module 5 : Use of Pie Charts

Module 6 : Use of Histograms

Module 7 : Use of Line Graphs

Module 8 : Use of Scatter Plots

Module 9 : Challenges in Data Visualization

Module 10 : Current Trends

Module 11 : Excel Activity

 

World Economic Forum (WEF) telah merilis daftar pekerjaan paling dibutuhkan pada tahun 2025. Seiring perkembangan teknologi yang begitu cepat, WEF memperkirakan ada 85 juta pekerjaan yang selama ini ditangani tenaga manusia yang akan digantikan oleh mesin. Menurut prediksi WEF, di tahun 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada. Itulah mengapa, ada 10 profesi yang paling bersinar di tahun 2025 menurut Future of Jobs Survei 2020 oleh WEF berkaitan dengan teknologi, yaitu:

1. Data Analyst and Data Scientist
2. Artificial Intelligence (AI) and Machine Learning Specialist
3. Big Data Specialist
4. Digital marketing and strategy specialist
5. Process automation specialist
6. Business development professionals
7. Digital transformation specialist
8. Information security analyst
9. Software and application developer
10. Internet of things specialist Profesi di bidang data, yaitu data analyst and data scientist menampati profesi paling bersinar 2025

Yuk, tingkatkan skill bidang ilmu data, Teman teman bisa ikut pelatihan bersama JICSI (. Kalian pasti akan mempelajari banyak hal hal yang terkait dengan ilmu data salah satunya Data Visualization.

Alur Pelatihan

Testimoni

DOKUMENTASI

FAQ

Have any questions?

Data Visualization adalah penyajian data dalam format gambar atau grafik. Hal ini memungkinkan pengambil keputusan untuk melihat analisis yang disajikan secara visual, sehingga mereka dapat memahami konsep yang sulit atau mengidentifikasi pola baru. Dengan visualisasi interaktif, konsep ini dapat dikembangkan lebih jauh dengan menggunakan teknologi untuk menelusuri bagan dan grafik secara lebih detail, mengubah data yang ditampilkan dan bagaimana data tersebut diproses secara interaktif.

Data Visualization sudah memiliki legal yang sah dan di akui oleh Customer Service Experience Assosiciation Indonesia atau singkatan dari CSEAI dan ini berlaku untuk seluruh Indonesia, Kurikulumya pun di design berdasarkan kenyataan-kenyataan yang ada di lapangan.

Untuk program pelatihan Untuk program pelatihan Data Visualization itu sendiri tergantung dari permintaan client tetapi JICSI bekerjasama dengan CSEAI telah mematokkan lamanya pelatihan selama 16 jam atau idealny 2 hari (2 x 8 jam) pelatihan kaka 🙂 itu sendiri tergantung dari permintaan client tetapi JICSI bekerjasama dengan CSEAI telah mematokkan lamanya pelatihan selama 16 jam atau idealny 2 hari (2 x 8 jam) pelatihan kaka 🙂

Mimin bantu jawab ya! jadi gini kak akan ada 2 kemungkinan yaitu :

  • Bisa kita Reschedule ketika kita melakukan pelatihan yang ada berdekatan atau dekat dengan lokasi atau tempat teman-teman itu berada.
  • Bisa dibatalkan dan itu kembali lagi dari keputusan kaka lanjut atau tidaknya ya

Adapun biaya pendaftaran Data Visualization yaitu :

  1. RP. 5.000.000,00 / Peserta

Kaka bisa mendaftar melalui online atau bisa langsung menghubungi di telpon Marketing kami yang sudah disiapkan dan bisa meminta bantuan juga ke customer service kami.

Setiap berakhirnya pelatihan maka ada 2 tes yaitu tes internal sertfikasi dari JICSI dan Certified oleh CSEAI

Jadwalnya dimulai dari jam 08.00 s.d 17.00 ya kak

Pembayaran dapat dilakukan melalui Rekening Bank BCA, A.N PT. JICSI Nusantara Jaya dengan No.rek 277-8292-888 dan sertakan bukti TF nya ya kaka.

Customer service kami akan memberitahukan kaka jika lulus atau tidak ya

Kaka akan mendapat informasi dari customer service jika sudah berhasil mendaftar

Jika kaka sakit dapat menukar jadwalnya dan bisa dibicarakan lagi

Mohon kaka menghubungi kembali customer service, agar dapat perbaikan data yang salah ya.

Diakhir Pelatihan JICSI akan mengadakan ujian,  jika tidak lulus ujian 3 kali maka kami tidak bisa mengeluarkan Sertifikat seperti yang diharapkan

Kaka Bisa Mengikuti Pelatihan di Jakarta atau Lokasi kaka berada

Kaka juga boleh melihat schedule di Website Kami ya 🙂

Message From President JICSI

Sekitar 20 tahun yang lalu sebelum JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI) didirikan, saya memperkirakan bahwa peran Customer Service semakin dibutuhkan. Saya yakin betul bahwa Customer Service tidak hanya ditampilkan sebagai frontliner akan tetapi di semua lini organisasi dan akan menjadi inti dari strategi dan tujuan perusahaan. Nyatanya tahun demi tahun berlalu semakin jelas bahwa peran Customer Service dalam suatu organisasi samakin berkembang dan semakin dibutuhkan.

Jika sebelumnya organisasi pemenang dikatakan sebagai organisasi yang mampu memberikan kualitas produk yang premium dengan harga murah telah cukup menjadi senjata pamungkas suatu organisasi untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya dengan harapan meningkatkan profit atau keuntungan. Tapi tunggu dulu, sekarang jaman telah berubah. Ekspektasi pelanggan pun berubah, harga murah dan kualitas premium belum cukup di mata pelanggan.

Harapan pelanggan terhadap layanan tidak akan pernah konstan. Nah di sinilah inti dari pentingnya pelatihan-pelatihan customer service yang selalu Up-date bagi perusahaan, sehingga muncul lah konsep baru yang terkait dengan layanan seperti Customer Oriented, Journey Oriented, Customer Centric, Experience Oriented, dan Experience Centric. Akan banyak strategi-strategi baru yang berpusat pada customer.

Bagaimana dengan karir Customer service kedepannya?

Seiring dengan berkembangnya teknologi di masyarakat saat ini, maka perkembangan karir customer service juga akan lebih dinamis. Posisi puncak di organisasi akan diminati oleh para pemilik bisnis dengan latar belakang Customer Service karena mereka menyadari bahwa jantung dari suatu perusahaan adalah pelanggan itu sendiri.

Oleh karena itu JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI) telah mengantisipasi setiap pergerakan dan arah keinginan pelanggan saat ini, sehingga mempermudah bagi perusahaan untuk memetakan strategi bisnis ke depan dan mampu merebut hati pelanggan sebanyak-banyaknya melalui persiapan pelatihan yang dikemas sesuai dengan tuntutan pelanggan

Saya Rudyanto HP Manullang Ph.D selaku CEO & Founder JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI), mengajak teman-teman untuk mewujudkan pelayanan pelanggan yang terdepan, untuk menjadi perusahaan pemenang di tengah persaingan yang super ketat ini.

Salam perubahan

Rudyanto HP Manullang, Ph.D