Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Dealing with Difficult Customer Training Program

DATE

DURATION

FEE

Pendahuluan

“Begitukah cara Anda berbicara kepada pelanggan? Apakah begini cara perusahaan Anda mengelola harapan pelanggan?”, Beginilah teriak seorang pelanggan yang marah di salah satu supermarket. Tentunya, kita telah mendengar pelanggan membuat pernyataan ini, lebih dari sekali. Kita juga, mungkin pernah membuat pernyataan ini sendiri sebagai pelanggan yang menerima layanan pelanggan yang buruk. Seluruh aktivitas organisasi harus berpusat pada harapan pelanggan. Harapan pelanggan sangat bervariasi antara satu dengan yang lain oleh karena itu organisasi dituntut untuk lebih fokus kepada harapan pelanggan tersebut.

Ketika kita berhadapan dengan pelanggan, sangat penting untuk memiliki keterampilan layanan pelanggan yang baik. Menjadi sangat penting ketika kita berhadapan dengan pelanggan yang menuntut lebih banyak. Kita ketahui bersama, pelanggan mengharapkan biaya yang murah. Namun, pelanggan juga mencari kualitas produk yang tinggi dan kualitas layanan yang tinggi. Retensi Pelanggan menjadi lebih mudah ketika pelanggan diperlakukan dengan hormat dan ini membantu pelanggan memiliki kepercayaan, kredibilitas, dan rasa hormat terhadap brand / organisasi.

Bagaimana menangani pelanggan yang sulit?

Menangani pelanggan yang sulit bisa juga sangat rumit, di mana kita perlu mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan pelanggan dan kemudian menyesuaikan interaksi kita dengan pelanggan. Terlepas dari media komunikasi yang kita gunakan, penting untuk mengubah pelanggan yang tidak bahagia menjadi pelanggan yang loyal. Pelanggan ini pasti akan kembali karena kebutuhannya telah terpenuhi. Selain itu, pelanggan akan merekomendasikan barang dan jasa kita kepada dunia.

Bagaimana menangani pelanggan yang menuntut terlalu banyak?

Pelatihan akan menguatkan peserta dengan kemampuan baru dalam layanan pelanggan. Peserta akan memiliki kesempatan untuk memahami diri sendiri serta perilaku orang lain dalam situasi konflik.

 

Siapa Target Peserta Pelatihan Ini ?

Pelatihan terkait dengan pelanggan yang sulit ini adalah untuk siapa saja yang berhubungan langsung dengan pelanggan dan eskalasi pelanggan. Apakah peserta berasal dari bidang penjualan atau layanan, pelatihan ini akan sesuai. Terlepas dari industri tempat peserta bekerja. Program ini juga tepat untuk manajer yang akan melatih timnya untuk berinteraksi dengan pelanggan yang sulit.

[user_registration_form id=”21372″]

92%

Customer akan sepenuhnya meninggalkan brand yang mereka sukai setelah mendapatkan dua atau tiga kali interaksi negatif

Program Learning Journey

11 Video Pembelajaran

21 General Personality
10 General CS test
Tugas / Kegiatan
Pretest & Post Test

2 Studi Kasus

Role Play

  • Know the different kind of customers
  • Understand their requirement
  • Know the customer service principles
  • Set the foundation with the pillars of customer service
  • Set a professional approach towards defining their experience
  • Set the importance of building trust with the customers
  • Increasing stake-holder credibility
  • Knowing which one is key – trust credibility or respect
  • Find out about knowledge skill and attitude
  • Build the right attitude and develop success
  • Show the approach of gratitude
  • Focus on the positives
  • Invoke the conversation with a peaceful approach
  • See the perspective of giving with joy
  • Understand the reasons of happiness / unhappiness in our job
  • Find out how to create thankfulness within ourselves
  • Build happiness within yourself in order to make the customer happy
  • Use the principles of compartmentalizing and stress management to deal with the customers
  • Focus on mindfulness
  • The 4 different personality traits
  • Understand your own personality style
  • Identify and adapt to personality styles around you
  • Flex your behaviour according to the situation
  • Use conversational language to your advantage
  • Build a connect with the customer
  • Create a good line of enquiry
  • Understanding customer expectations
  • Create a successful interaction with the customer
  • Customer conflicts & Listening
  • Know the different levels of listening
  • Key elements of listening
  • Hearing & Listening | Do’s and Don’ts
  • Managing conflicts by listening with empathy
  • Work towards building a two-way communication
  • Understand the basics of a good conversation
  • Recognize the filters to communication
  • Overcoming barriers to communications
  • Recognize the importance of non-verbal communication
  • Work towards creating a positive impression
  • Ways to create a positive environment
  • Cycle of dealing with difficult customers
  • Resolve customer complaints through listening
  • Go beyond the obvious to support the customer
  • Bring in sensitivity in dealing with difficult customers
  • Defuse the anger and create successful relationship
  • Understanding the different kind of complaints
  • Solving complaints creatively
  • A Structured Approach
  • The thirty second rule
  • Reduce the number of complaints
  • Create customer champions

Customer Service Expert

Rudyanto HP Manullang, Ph.D
CEO & Founder JICSI
What our Happy Student Say :
"Selepas saya belajar tentang customer service, saya lebih percaya diri dan setelah belajar disini
saya bisa mendalami lebih tentang customer service. Terimakasih"
Ifa
Customer Service Tellin Malaysia