Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

Coaching Customer Service Skill Training

Pelaksanaan Pelatihan 05-06 November 2025

aaa

Apakah perusahaan anda mengalami hal berikut?

909590

Loss of Customer Loyalty

1726110

Negative Word of Mouth

pngtree-drop-down-money-icon-png-image_4965041

Decreased Revenue

909651

High Customer Churn Rates

pngtree-bad-review-icon-design-outline-style-reputation-flat-up-vector-png-image_39292030

Damage to Brand Reputation

1

Increased Customer Acquisition Costs

2

Lower Employee Morale

3

Negative Online Reviews and Ratings

909651

Sales Down

icon2

High Debt Levels

icon6

Decrease in Product or Service Quality

icon1 copy

Non-Transparent Management

Agar semua hal tersebut tidak terjadi di perusahaan Anda, penting bagi anda untuk mengikuti pelatihan ini.

Gambaran Umum Program​

Keunggulan layanan pelanggan diakui sebagai tujuan utama penjualan. Layanan pelanggan yang kompeten membantu dalam menumbuhkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan. Pengalaman pelanggan yang positif dan berulang, pada gilirannya, menghasilkan kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap merek. Sudah diketahui umum bahwa profesional layanan pelanggan adalah orang pertama yang berinteraksi dengan calon pelanggan. Interaksi, sikap, dan pendekatan mereka terhadap pelanggan dapat membangun atau menghancurkan bisnis dan reputasinya. Dengan demikian, menjadi sangat penting bagi suatu organisasi untuk memiliki staf layanan pelanggan yang terlatih dengan baik. Tidak cukup hanya memiliki tenaga kerja yang berdedikasi dan pekerja keras. Tim layanan pelanggan harus tahu cara mengubah dedikasi dan pengetahuan ini menjadi keuntungan organisasi. Di sinilah kebutuhan untuk melatih keterampilan layanan pelanggan muncul.

Siapakah pelatih layanan pelanggan?

Orang yang berpengalaman dan mapan dalam industri ini, tentu saja. Dia memahami berbagai seluk-beluk dan nuansa layanan pelanggan. Mereka dibutuhkan untuk mendidik pemula di bidang layanan pelanggan. Pelatih seperti itu akan membekali mereka dengan alat-alat dasar layanan pelanggan. Kebutuhan akan pelatihan juga muncul bagi para perwakilan yang telah bekerja di bidang layanan pelanggan selama beberapa waktu tetapi belum mengikuti perkembangan dan perubahan terkini. Dalam kasus seperti itu, pelatihan membantu mereka dalam meningkatkan keterampilan dan kembali ke jalur yang benar. Kebutuhan akan pakar yang dinamis dan berpengalaman untuk pelatihan secara aktif dirasakan oleh organisasi yang ingin mengasah tenaga kerja mereka. Pelatih ini sering ditemukan dalam organisasi itu sendiri dalam bentuk pemimpin tim, supervisor, atau manajer. Namun, untuk melatih orang lain, seorang pelatih sering kali perlu berasimilasi dengan kebutuhan peserta pelatihan.

Menanamkan lingkungan yang kondusif dalam organisasi yang memastikan pembelajaran berkelanjutan Membangun peningkatan keterampilan layanan pelanggan setiap delegasi Mengembangkan pemimpin tim dan manajer menjadi pelatih layanan pelanggan Membangun hubungan saling percaya antara pelatih dan tim mereka Membuat modul dalam layanan pelanggan yang ditujukan untuk pencapaian tujuan organisasi bersama Mengembangkan sistem dukungan pelanggan yang efisien Menyusun etika yang memprioritaskan pelanggan Membangun tim yang membantu dalam menumbuhkan loyalitas pelanggan

Tujuan Pelatihan​

Program ini membekali Anda untuk mengasah keterampilan mendengarkan kebutuhan pelanggan, apa yang mereka butuhkan, dan cara mengatasi masalah mereka, sehingga meningkatkan indeks kepuasan pelanggan. Program ini meningkatkan keterampilan Anda dan bekerja lebih keras dengan pelanggan. Setelah menyelesaikan Program Pelatihan Layanan Pelanggan Dasar ini dengan sukses, peserta akan dapat:

Metode Pelatihan

Program Pelatihan Layanan Pelanggan Pembinaan kolaboratif ini akan terdiri dari metode pelatihan berikut:

a4

Interactive sessions and lectures

a1

Presentations

poll-icon-128x128-cksptypj

Management games

2120630-200

Role-playing/modelling

icon2

Case studies

a3

Group Discussions

a5

Problem-solving sessions

Manfaat Bagi Pribadi

Manfaat Bagi Organisasi

apa saja yang akan di bahas dalam pelatihan ini ?

MODUL-I

Introduction to coaching skills

MODUL-II

Discussing essentials of coaching of customer service skills

MODUL-III

Developing conducive coaching environment

MODUL-IV

Goal setting and assessing performance

MODUL-V

Dealing with dynamic and difficult customer situations

MODUL-VI

Barriers to developing a trusting relationship

MODUL-VII

Coaching with data

MODUL-VIII

Working on communication skills

MODUL-IX

Challenges to coaching

MODUL-X

Essential coaching analytical skills

MODUL-XI

Identifying challenges to delivering satisfying service

MODUL-XII

Developing customer-centric culture in a team

Siapa saja yang mengikuti pelatihan ini?

  • Team leaders
  • Managers
  • Sales executives
  • Supervisors
  • Marketing heads
  • Entrepreneurs
  • Start-up founders
  • Hotel Harris, Kelapa Gading, Jakarta Utara (Offline)
  • 05 -06 November 2025
  • Pendaftaran akan di tutup : 04 November 2025

Registration Now :

Apabila pelatihan diadakan oleh perusahaan, masukkan alamat perusahaan ya.
Pilih pelatihan
Sesuaikan dengan jenis pelatihan yang disediakan.

Coaching Customer Service Skill Training

Customer service excellence is being recognized as the holy grail of sales. Competent customer service helps in cultivating a pleasant customer experience. Positive recurring customer experience, in turn, generates customer satisfaction and loyalty towards the brand. It is well known that customer service
professionals are the first to interact with prospective customers. Their interaction, attitude, and approach towards customers can make or break a business and
its reputation. Thus, it becomes very critical for an organization to have a well-trained customer service staff. It does not suffice to merely have a workforce that is dedicated and hardworking. The customer service team must know how to turn this dedication and knowledge to the organization’s advantage. This is where the need for coaching customer service skills arises. 

Who is a customer service coach? – A wellex perienced and established person of the industry, most certainly. He or she understands various subtleties and nuances of customer service. They are needed to educate beginners in the field of customer service. Such a coach would equip them with the tools of the fundamentals of customer service. The need for coaching also arises for representatives who have been working in customer service for a while but have not been up to date with the latest changes and developments. In such cases, coaching helps them in improving their skills and getting back on track. The need for a dynamic and experienced expert for coaching is actively felt by organizations looking to sharpen their workforce. This coach is often found within the organization itself in the form of team leaders, supervisors, or managers. However, to train others a coach often needs to be assimilated to the needs of the trainees. 

Inculcate such a conducive environment within the organization that ensures continuous learning Build an improvement of the customer service skills of each delegate Evolve team leaders and managers to coaches of customer service Build a trusting relationship between the coach and their team Create modules in customer service aimed towards a common achievement of organizational goals Develop an efficient customer support system Curate ethics that prioritize the customer Build teams that aid in cultivating customer loyalty

This program equips you to work on your skill to listen to the customer’s needs, what they require and how to address their pain areas and thereby increase the customer satisfaction index. This program is up-skilling yourself and going that extra mile to work with the customer. Upon completing this Basic Customer Service Training Program successfully, participants will be able to:

  •  Inculcate such a conducive environment within the organization that ensures continuous learning 
  • Build an improvement of the customer service skills of each delegate 
  • Evolve team leaders and managers to coaches of customer service Build a trusting relationship between the coach and their team
  • Create modules in customer service aimed towards a common achievement of organizational goals
  • Develop an efficient customer support system
  • Curate ethics that prioritize the customer
  • Build teams that aid in cultivating customer loyalty

This collaborative Coaching Customer Service Training Program will comprise of the following training methods :

  • Interactive sessions and lectures 
  • Presentations
  • Management games
  • Role-playing/modelling
  • Case studies
  • Group discussions
  • Problem-solving sessions

 

 

  • Regular coaching will ensure that customer service staff is providing the most efficient and relevant service to its customers
  • Have the customer service team keep up with the latest trends of the market
  • Develop a dynamic sales force that understands different ways to deal with difficult customer situations
  • Polish skills of the existing team leaders and managers
  • Develop efficient goal-setting criteria that would meet the benchmark of quality
  • Develop a functional feedback and monitoring system through which leaders and managers can constantly review upcoming challenges and issues
  • This training will result in better employee engagement

 

  • Coaches shall receive a fact-based and honest feedback system from representatives who will help them improve their coaching skills
  • Caches shall be able to appreciate that every representative has a different understanding ground 
  • Coaches will learn how to tackle different personalities in an effective manner  
  • Enhance better decision-making skills and develop quick thinking to tackle challenging situations 
  • Participants will gain deeper insight into the internal as well as the external operational environment 
  • Participants will better their understanding of the firm which will help them advance in their careers
  • Team leaders 
  • Managers
  • Sales executives 
  • Supervisors
  • Marketing heads 
  • Entrepreneurs
  • Start-up founders

Module 1. Introduction to coaching skills

Module 2. Discussing essentials of coaching of customer service skills

Module 3. Developing conducive coaching environment

Module 4. Goal setting and assessing performance

Module 5. Dealing with dynamic and difficult customer situations

Module 6. Barriers to developing a trusting relationship

Module 7. Coaching with data

Module 8. Working on communication skills

Module 9. Challenges to coaching

Module 10. Essential coaching analytical skills

Module 11. Identifying challenges to delivering satisfying service

Module 12. Developing customer-centric culture in a team

Alur Pelatihan

TESTIMONI

DOKUMENTASI

FAQ

Have any questions?

Coaching customer service atau pelatihan layanan pelanggan adalah proses untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap karyawan dalam melayani pelanggan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, memperkuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan, serta menciptakan perusahaan yang berfokus pada pelanggan.

Pasti dong kak!! Coaching Customer Service telah memiliki sertifikasi yang sah dari JICSI yang berlaku untuk seluruh Indonesia. Jadi dijamin aman ya kak.

Mimin bantu jawab ya! jadi gini kak akan ada 2 kemungkinan yaitu :

  • Bisa kita Reschedule sesuai Request dari kaka nih dengan pilihan tanggal yg kami berikan
  • Bisa dibatalkan dan itu kembali lagi dari keputusan kakak lanjut atau tidaknya ya

Bisa mendaftar melalui online yang sudah tersedia  di button apply ya kak

Setiap berakhirnya pelatihan maka akan ada 2 jenis ujian yaitu :

– Ujian dari internal yang sertifikasinya dikeluarkan oleh JICSI

– Ujian yang Certified oleh CSEAI

Jadwalnya sesuai dengan kesepakatan bersama dan jam pelatihan itu dimulai dari jam 08.00 s.d 17.00 ya kak

Pembayaran dapat dilakukan melalui Rekening Bank BCA, A.N PT. JICSI Nusantara Jaya dengan No.rek 277-8292-888 dan sertakan bukti TF nya ya kaka.

Customer service akan memberitahukan kaka jika lulus atau tidak ya

Kaka akan mendapat informasi dari customer service jika sudah berhasil mendaftar

Jika kaka sakit jadwal pelatihan tidak dapat diubah.

Mohon kaka menghubungi kembali whatsapp JICSI di nomor 0858833833383, agar dapat perbaikan data yang salah ya.

Diakhir Pelatihan JICSI akan mengadakan ujian, jika tidak lulus ujian 3 kali, maka kami tidak bisa mengeluarkan Sertifikat seperti yang diharapkan

Hari Rabu & Kamis | 26 & 27 Februari 2025

Kakak bisa mengikuti pelatihan di Bali

Kaka juga boleh melihat schedule di Website Kami ya:)

Messege from President JICSI

Sekitar 20 tahun yang lalu sebelum JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI) didirikan, saya memperkirakan bahwa peran Customer Service semakin dibutuhkan. Saya yakin betul bahwa Customer Service tidak hanya ditampilkan sebagai frontliner akan tetapi di semua lini organisasi dan akan menjadi inti dari strategi dan tujuan perusahaan. Nyatanya tahun demi tahun berlalu semakin jelas bahwa peran Customer Service dalam suatu organisasi samakin berkembang dan semakin dibutuhkan.

Jika sebelumnya organisasi pemenang dikatakan sebagai organisasi yang mampu memberikan kualitas produk yang premium dengan harga murah telah cukup menjadi senjata pamungkas suatu organisasi untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya dengan harapan meningkatkan profit atau keuntungan. Tapi tunggu dulu, sekarang jaman telah berubah. Ekspektasi pelanggan pun berubah, harga murah dan kualitas premium belum cukup di mata pelanggan.

Harapan pelanggan terhadap layanan tidak akan pernah konstan. Nah di sinilah inti dari pentingnya pelatihan-pelatihan customer service yang selalu Up-date bagi perusahaan, sehingga muncul lah konsep baru yang terkait dengan layanan seperti Customer Oriented, Journey Oriented, Customer Centric, Experience Oriented, dan Experience Centric. Akan banyak strategi-strategi baru yang berpusat pada customer.

Bagaimana dengan karir Customer service kedepannya?

Seiring dengan berkembangnya teknologi di masyarakat saat ini, maka perkembangan karir customer service juga akan lebih dinamis. Posisi puncak di organisasi akan diminati oleh para pemilik bisnis dengan latar belakang Customer Service karena mereka menyadari bahwa jantung dari suatu perusahaan adalah pelanggan itu sendiri.

Oleh karena itu JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI) telah mengantisipasi setiap pergerakan dan arah keinginan pelanggan saat ini, sehingga mempermudah bagi perusahaan untuk memetakan strategi bisnis ke depan dan mampu merebut hati pelanggan sebanyak-banyaknya melalui persiapan pelatihan yang dikemas sesuai dengan tuntutan pelanggan

Saya Rudyanto HP Manullang Ph.D selaku CEO & Founder JAKARTA INTERNATIONAL CUSTOMER SERVICE INSTITUTE (JICSI), mengajak teman-teman untuk mewujudkan pelayanan pelanggan yang terdepan, untuk menjadi perusahaan pemenang di tengah persaingan yang super ketat ini.

Salam perubahan

Rudyanto HP Manullang, Ph.D