Jakarta International Customer Service Institute (JICSI)

PELUANG BERHARGA BAGI FRESH GRADUATE YANG MENCARI PEKERJAAN

PELUANG BERHARGA BAGI FRESH GRADUATE YANG MENCARI PEKERJAAN

Selamat Datang Bagi Fresh Graduate di dunia kerja

Setiap orang yang mengikuti proses belajar di perguruan tinggi pasti dan pernah melalui fase freshgraduate, freshgraduate adalah suatu moment bahagia ketika kita diwisuda, dan kita berfikir at least satu langkah telah selesai, tinggal masuk ke dunia kerja. Pada hal dunia kerja itu  penuh dengan misteri, sulit di tebak, walaupun kita telah telah belajar selama bertahun tahun di univeritas ternyata bukan  jaminan untuk mendapatkan pekerjaan. 

Banyak faktor yang menjadi pertimbangan baik itu dari si pengguna tenaga kerja dan si pemberi tenaga kerja. Ambil contoh si pengguna tenaga kerja, mereka lebih mengutamakan yang sudah berpengalaman bekerja karena lebih gampang untuk berkomunikasi terkait dengan pekerjaan yang diberikan, demikian juga si pemberi tenaga kerja perlu mempertimbangkan jenis pekerjaan yang mereka idamkan apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan, dan demikian juga gaji yang akan mereka terima, tentunya sedikit complicated bukan?

Tapi ada satu hal yang ingin saya sampaikan kepada teman teman, bahwa memang betul masuk dunia kerja itu sulit sulit gampang. Mengapa demikian? Coba kita ingat ingat kembali, mungkin ada teman kita yang prestasi selama kuliah biasa biasa saja, tetapi telah mendapatkan pekerjaan yang baik dengan paket kompensasi yang sangat kompetitiv untuk perusahaan bertaraf international, dan demikan juga sebaliknya, mungkin teman kita yang prestasinya dikampus sangat baik tetapi mendapatkan pekerjaan yang biasa biasa saja bahakan ada barangkali yang belum mendapatkan pekerjaan. 

Sesungguhnya sulit bagi kita untuk mendapatkan pekerjaan ketika kita tidak mempersiapkan diri kita di dunia kerja. Ketika kita dibangku kuliah terlalu fokus menghafalkan pada teori teori yang diberikan oleh para pendidik sehingga lupa bagaimana menerapkan teori tersebut dalam dunia kerja. 

Dunia kerja beda jauh dengan dunia kampus. Dunia kerja lebih menekankan pada bagaimana kita dapat bekerjasama satu dengan lain, sharing idea bukan mengandalkan kepintaran dalam berteori saja. Untuk dapat bekerja sama perlu skill untuk memahami orang lain atau skill bagaimana bisa membawa diri dalam satu kelompok, saling membantu satu sama lain, dan mampu memposisikan diri diantara beragam sifat, cultur, dan mampu untuk menerima perbedaan. Skill ini tentunya sangat dibutuhkan di dunia kerja, Dunia kampus ada keendrungan untuk mengejar nilai karena kita percaya performance kita di kampus di ukur sebatas nilai yang tinggi menomor duakan pola pikir atau attitude, sementara di duni kerja mengedepankan attitude. 

Itulah sebabnya salah satu alasan mengapa Jakarta Internasional Customer Service berdiri, karena kita menyadari bahwa customer service itu sesuatu yang bisa di pelajari dan sangat bermanfaat bagi perusahaan. Untuk yang freshgraduate salah satu cara untuk memasuki dunia kerja yaitu mempersiapkan diri untuk belajar customer service terlebih dahulu, mengapa? Tentunya memiliki alasan tersendiri yang bisa di andalkan, karena dengan belajar customer service teman teman akan mempelajari bagaimana berkomunikasi dengan teman di kantor pada atasan, bawahan, maupun yang level yang sejajar, bagaimana membuat teman, bawahan, atasan senang sama melalui cara kita berkomunikasi dengan teman kerja kita, klient kita atau pada semua orang, sehingga kolega kita senang untuk bekerja sama dengan kita dan ini adalah kunci utama. Jika berbicara ilmu pendidikan yang lain saya yakin kalian sudah dapatkan di kampus. Dan melalui skills berkomunikasi yang telah dipelajar selama pelatihan customer service dengan JICSI tentunya akan membuat kita selangkah lebih maju dengan reken rekan kita ketika kita di interview. 

Tapi perlu kita ketahui ilmu saja belum cukup tetapi attitude kita yang terpenting. Saya bisa melihat beberapa mereka yang sukses bukan karena gelar yang mereka miliki tetapi attitude atau sikap. Nah bagi teman teman yang masih freshgraduate yang sedang mencari pekerjaan dan menunggu panggilan bekerja, saran kami belajarlah customer service terlebih dahulu, kalian akan banyak mengetahui bagaimana kalian berperilaku di kantor sehingga orang lain senang untuk berkolaborasi dengan kalian. 

Jadi tunggu apa lagi? Mari segera daftarkan diri kalian untuk mengikuti pelatihan customer service bersama Jakarta Internasional customer service institute (JICSI)  teman teman akan memelajari banyak hal hal yang baru yang selama ini kalian tidak pernah dengar dan membuat kalian selangkah lebih maju dengan kompetitor kalian.

Salam Sukses

Rudyanto HP Manullang, Ph.D